Pages - Menu

Wednesday, July 19, 2017

Wisuda ke 100

Setiap orang memaknai arti sebuah kelulusan berbeda beda,..
Saya adalah alumni Teknik Elektro tahun 2010, dalam periode 3.5 tahun (7 semester) saya telah menyelesaikan kuliah saya dengan predikat cumloude.

Sejak pertama kali datang, menjadi maha siswa baru, ketika itu kami mendengarkan sambutan bapak rektor, saya berdiri dari bangku saya, dan saya berkata saya akan lulus 3.5 tahun dan cumlaude,, Alhamdulillah hal itu dapat terwujud setelah 7 semester berlalu,,

Orang bilang, lulus tepat waktu saja di elektro ITS amat sulit, apalagi lulus lebih cepat dan berpredikat cumloude, itu terdengar seperti dongeng. Namun saya katakan, hal itu amat mungkin, dan tidak ada hal yang mustahil, saya telah membuktikannya.

Orang bilang amat sulit berprestasi di bidang akademik sekaligus berprestasi dalam organisasi,, ya saya bilang itu adalah pendekatan yang bagus dan realistis,, memang pada faktanya salah satu diantara akademik dan oranisasi akan terjadi perbedaan, tapi tidak se extrim yang banyak orang katakan, ya saya bisa katakan bisa sukses dua duanya, namun ada salah satu bidang yang sedikit lebih menonjol.

Saya boleh dibilang lebih sukses dibidang akademik, dimana saya lulus 3.5 tahun dengan predikat cumloude 3.56, dengan publikasi paper nasional 7 paper, publikasi intrenasional 2 paper, memenangkan setidaknya 3 judul penelitian hibah, dan 1 finalis PKM Dikti, selsin itu saya juga berhasil menembus beasiswa samsunf. Tapi dari sisi organisasi mungkin ya tidak kalah juga,, saya adalah koordinator lab PSOC dan juga kadiv Media di organisasi kajian islam teknik elektro. Meskipun saya tidak ikut himpunan, namun saya juga aktif kegiatan kepanitiaan yang dilaksanakan oleh himpunan. Saya kira pencapaian yang saya lakukan untuk ukuran mahasiswa S1 tidak mudah,, tapi inshalloh semua mahasiswa mampu melakukannya,,

Apa yang dibutuhkan untuk bisa seperti saya:
1. Pertama yang harus anda miliki adalah kemauan
2. Melakukan identifikasi terhadap masalah yang dihadapi baik tentang kuliah dan organisasi
3. Kedua adalah mengukur dan menakar kemampuan anda pribadi
4. Anda perlu mencari teman anda yang anda percaya mampu mengajari menylesaikan masalah yang anda hadapi
5. Melatih diri, dan banyak mencari referensi
6. Terus mencoba dan tidak berputus asa
7. Melakukan evaluasi, dan mencari metode yang berbeda
8. Berdoalah kepada Alloh, agar diberikan kemudahan.

Semua yang saya capai tentu memiliki celah, tapi saya tidak ingin mengulasnya,, biarlah ini menjadi rahasia saya dan semoga kesalahan atau celah yang saya telah lekukan Alloh mengampuninya.

Setelah beberepa semester berlalu,, Akhirnya saya berdiri di Graha ITS, sebuah cerimonial untuk para wisudawan ke 100. Semua termat singkat, dan terasa baru kemarin saya menjai mahasiswa baru,, tapi hari ini saya akan segera meninggalkan kampus tercinta inu,, ada beberapa hal yang saya sesali:
1. Saya tidak punya cukup waktu untuk untuk berteman, dan memiliki teman yang banyak
2. Saya tidak punya cukup waktu untuk menyadari, bahwa sebagai sarjana tertentu Elektro khusunya, anda tidak perlu bagus disemua bidang,, tapi anda harus tahu apa yang seharusnya dimilki oleh seorang sarjana elektro.
3. Saya ternyata tidak cukup cakap dalam berbahasa asing, dan hal itu adalah separuh kemapuan yang wajib dimiliki oleh seorang engineer.
4. Tugas akhir saya tidak sempurna.
5. Saya tidak memiliki pendamping wisuda(additional, g penting)

Dan hari itu, adalah hal terbimbang dan tersedih yang pernah saya alami ketika saya lulus dari Kampus ini,, seperti burung yang terpaksa terbang meskipun dalam hati tahu bahwa sayap saya mungkin tidak terlalu kuat untuk terbang beberapa km.

Dan saya berkata didalam hati, suatu hari saya akan kembali kesini, dan memperbaki sayap saya, dan hal yang tidak saya miliki,,

Bismillahirrokhmaanirrokhim,,, amin ya Alloh..

Popular Posts