Pages - Menu

Friday, July 21, 2017

Seleksi Masuk PDAM Surabaya

PDaM surya sembada kota surabaya merupakan BUMD yang berada dibawah naungan Pemkot  Surabaya, meskipun setatusnya adalah perushaan (PT), namun nuansanya masih campur aduk antara swasta dan negeri, walaupun aslinya memang sekarang ini murni swasta.

Dulu sebelum saya bekerja di PDAM ini, saya bekerja di perusahaan elektronik di jakarta, dan akhirnya saya berhijrah ke Surabaya.

Awal mula, saya sedang browsing di internet, kemudiam saya membaca ada lowongan PDAm Surya Sembada Kota Surabaya. Awalnya saya fikir, ini adalah perusahaan china punya soalnya kok ada nama surya nya,, kemudian saya pun cari tahu gambarnya,, saya tidak ingat persis karena memang dari dulu saya jarang memperhatikannya,, meskipun ya sering juga lewat depan PDAm, ditambah lagi saya sudah 3, tahun bekerja di Jakarta jadi agak sulit menebaknya.

Kebetulan taman saya juga ingin ikutan,, sehingga saya memutuskan untuk ikut serta, sapa tahu saya bisa pindah kesana,, dan melalui website : pdam-sby.go.id, saya mendaftar secara online disana.

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui pada seleksi PDAM ini
1. Daftar online dan seleksi administrasi
2. Tes psikologi
3. Samapta
4. Tes kesehatan
5. Wawancara HRD dan Direksi

Proses rekrutmen ini kurang lebih 5 bulan, dan waktu yang amat panjang untuk dilewati.

Pada saat seleksi administrasi ini, saya amat kaget karena Pendaftarnya ada 17,000 orang lebih,, dan formasi yang dibutuhkan oleh jurusan saya Teknik Elektro adalah 3 orang,, dan saya kemudian Alhamdulillah lolos tahap pertama ini. Seminggu kemudian, hari sabtu saya harus mengikuti psikotest, karena posisi saya jakarta, jumat saya harus terbang ke Surabaya dan kembali hari minggunya, huff melelahkan juga.

Psikotest ini terdiri dari dua jenis, test tulis dan FGD,, yang diselenggarakan oleh LP3T unair, dan saya belajar buku psikotest dikit-dikit, ya kurang lebih testnya sama dengan yang test pertamina atau semen, jadi saya sangat familiar(sering ikuan test soalnya)

Selesai test, kami langsung ikut dalam FGD, kebetulan saya satu kelompok dengan teman saya, Rahmat,, dan dalam diskusi ini dibahas secara umum bagaimana jika kita diposisikan ada persoalan, dan diminta berdiskusi untuk menyelesaikannya,,, kemudian saya berinisitatif sebagai pembuka untuk berpendapat,, dan kebetulan ada 1 lagi adik kelas yang mengenal saya,, dan dalam berpendapat amat penting untuk tidak defense dN kalo bisa saling mendukung, inshalloh ampuh buat lolosin kamu pada fase ini.

Selesai tahap psikotest, seminggu selanjutnya adalah pengumuman yang lolos, dan seminggu selanjutnya adalah jadwal test untuk tahap selanjutnya,,, dan eng ing eng, semua yang di kelompok diskusi kemarin namanua ada semua, kemudian test selanjutnya adalah samapta,, tahukah anda samapta? Ya saya browsing di internet untuk mencari tahu, dan bertanya beberapa orang yang pernah ikut test serupa. Test ini meliputi, lari selama 10 menit, push up, sit up dan pull up. Saya sarankan jika anda hendak mengikuti semacam ini, anda harus banyak berlatih. Dan saya memulainya dengan mengukur kemampuan saya dengan lari pagi, push up dan sit up, dan saya coba terus tingkatkan dalam waktu 1 minggu. Berlatih menjadi amat penting, karena sebenarnya kelulusan anda tergantung dari diri anda sendiri dan juga seberapa banyak orang yang lebih baik dari anda setelah test.  Dan hasilnya selesai ujian samapta itu, dari 7 orang yang lolos(S1 teknik elektro)  hanya saya yang lolos ke tahap selanjutnya. Ketika berlari amat penting untuk mendapat posisi depan, dan paling tidak dari tujuh orang yang jarus saya kalahkan saya harus berada diposisi 1 atau 2, dan ketika separuh waktu saya berada diposisi 4, dan saya melihat teman saya dan adik kelas saya berada tidak jauh di depan saya, dan kemudian saya berusaha mendahului meraka..wish tidak mudah, tapi alhamdulillah saya mampu melewati mereka. Untuk push up, sit up ini relatif mudah, kalo anda sering melakukannya tidak akan ada masalah, keculi pull up, mungkim anda perlu banyak latihan.

Dan test samaptapun hasilnya diumumkan seminggu kemudian, dan saya amat yakin kali ini, karena saya telah melakukan identifikasi saingan, dan juga telah melebihi mereka untuk beberapa aspek. Allhamdulillah nama saya kembali lolos, dan yang amat mengejutkan dari 7 orang tersisa hanya saya yang lolos,, dan saya amat yakin saya akan dapat melewatinya, dengan tidak ada saingan dari elektro Inshalloh.

Test selanjutnya adalah kesehatan,, sebenarnya test kesehatan ini tergantung bagaimana anda merawat diri anda selama ini, seperti tidak merokok, tidak makan makanan rkolesterol atau berminyak setiap harinya secar berlebih, tidak menggunakan narkoba atau dooping sejenis M150 dsb, inshalloh anda tidak akan ada masalah,, namun anda juga perlu minum banyak dan istirahat cukup,, hal ini pun kadang sangat ampuh menolong hasil test walaupun anda seorang perokok berat.

Pada tahap ini, saya memutuskan resign dari Perusahaan lama dan ingin fokus pada test test selanjutnya, masih ada test wawancara HRD dan Direksi seandainya saya lolos pada tes kesehatan ini,, memang amat berat kondisi berkeluarga, istri tidak bekerja dan anda juga mengundurkan diri, dan saya melakukan analisis cukup banyak, dan saya memilih mengambil resiko, karena test kesehatan an wawancara kemungkinan harinkerja, sehingga amat sulit bagi saya yang dari jakarta untuk mengikuti, karena hari kerja.

Selaim mengikuti, test di PDAM, saya juga ada jadwal test pertamina yang tahap kesehatan juga, dan test TPPI yang ada pada tahap wawancara, jadi dengan tiga opsi ini membuat opsi saya untuk resign amat mantap. Bagi anda yang memilih resign seperti saya, dan dalam kondisi serupa, ada baiknya anda berdiskusi dengan istri anda dan keluarga, dan memikirkan opsi opsi yang memungkinkan.

Akhirnya pengumuman pun tiba, dan alhamdulillah anama saya kembali ada di daftar peserta yang lolos dan dapat mengikuti tes wawancara. Wawancara adalah test yang singkat dan terkadang mematikan, perasaan nerves kadang membuat jawaban anda tidak tepat, dan dalam hitungan menit usaha anda menjadi sia sia. Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah perkenalam diri yang baik, dan menghafal beberapa pertanyaan dasar, seperti, apa motivasi anda mengikuti seleksi ini?, dan mengapa anda ingin pindah, padahal PDAM menawarkan hal yang biasa saja,, dan kuncinya adalah menjadi diri sendiri, santun,,dan membaca sistuasi, kadang anda harus menahan diri, terhadap pertanyaan jebakan seperti diatas. Dan kuncinya adalah rileks dan baca banyak referensi, praktekkan.

Setelah test wawancara ini, sudah tidak ada tes,, pesan saya di tes pada fase apapun tetap jangan meremehkan, meskipun mudah, persiapkan dengan baik.

Setelah test ini jarak pengumuman menjadi tidak jelas, ada sekitar 2-3 bulan tidak ada kabar sama sekali, malah terdengar isu miring, ada yang diterima jalur dalam,, tapi dengan kenyataan yang saya alami sendiri, inshalloh tidak ada yang melalui suap atau nepotisme di dalam angakatan saya yang keterima di PDAM tahun 2014,, termasuk saya semua telah bekerja keras untuk dapat lolos dan diterima di PDAM Surya sembada kota surabaya ini.

Alhamdulillah, semua ini semata adalah rahmat alloh, dari 17.000 pendaftar, dan hanya saya sendiri dari S1 Teknik Elektro yang diterima.

Dan tidak terasa saya telah 3 tahun bekerja di PDAM tercinta ini, tidak ada yang tahu cerita kiprah yang akan terjadi pada saya disini,, tapi saya menikmatinya.

Saya fikir, perusahaan ini pantas anda pertimbanghkan sebagai referensi mencari kerja di area Surabaya.



Popular Posts