Pages - Menu

Wednesday, July 19, 2017

Golongan manusia dalam surat Albaqarah

Bismillahirrokhmaanirrokhiim,,

Ikhwatul iman, dalam dunia ini kita manusia memiliki hubungan sosial dengan sesama,, ada bermacam manusia. Saking banyaknya maka seorang yang beriman perlu berhati hati dalam menghadapi dan dan nenyikapi macam macam orang, jangan sampai salah dalam mengambil sikap dan malah membuat hubungan kurang harmonis.

Nabi sendiri berpesan agar kita mencari teman seperti penjual minyak wangi, karena anda akan ikut wangi, dan sebaliknya jika teman anda panda besi, maka anda akan terkena arangnya juga...

Di awal surah albaqoroh setidaknya ada tiga golongan manusia yang digambarkan oleh Allohdidalam Alquran. Pertama adalah golongan manusia bertaqwa, disana Alloh katakan bahwa mereka yang bertaqwa adalah mereka yang beriman kepada ya gaib, meteka yang mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rizki yang Alloh berikan, mereka beriman kepada kitab yang diturunkan yakni Alquran dan kitab kitab sebelumnya, dan mereka juga beriman kepada hari akhir.

Golongan kedua adalah golongan orang kafir, dimana Alloh menyebut orang kafir, "mereka orang kafir sama saja bagi merek kamu beri peringatan atau tidak, mereka tidak akan beriman, hal ini karena Alloh telah mengunci mati hati mereka, dan mereka bersikap tertutup, sehingga sia sia saja memberikan peringatan kepada mereka.

Dan yang ketiga adalah golongan manusia munafiq,, di dalam alquran alloh menggbarkan orang yang munafiq," ketika dikatakan kepada merrka, janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi, maka mereka menjawab, sungguh kami ini orang yang berbuat kebaikan, dan ketika mereka datang kepada orang beriman, merka berkata kami ini beriman seperti halnya kamu,, dan ketika mereka kembali kepada setan setan mereka, mereka berkata lihatlah kami memperolok orang orang briman itu. Mereka berencana menipu Alloh dan orang orang beriman, tapi sungguh mereka telah menipu diri mereka sendiri.

Semoga kita terhindar dari kekafiran dan kemunafiqan..

Bermata tapi tak melihat,
Bertelinga tapi ta mendengar,
Berakal tapi tak mampu berfikir dengan baik,
Berhati tapi kurang peka,
Mereka suka menghasut, berbohong, mendengki,

Semoga kita mampu menjadi golongan manusia beriman dan bertaqwa...
Amin yaa robbal aalamin...

Popular Posts