Pages - Menu

Wednesday, August 21, 2013

Bulan Agustus, Penuh Kenangan

Bulan Agustus ini diawali dengan berkahirnya Ramadhan, lalu idul fitri, ditengahnya ada !7 agustus, hari kemerdekaan negara kita tercinta Indonesia. Sudah 7 tahun ini, tidak pernah lagi turut serta dalam kegiatan 17an, terkahir dulu waktu SMA, kelas 1. Lomba pertamaku waktu agustusan adalah lomba makan kerupuk, dan aku kalah karena kerupuk dipasang terlalu tinggi, huff ku pikir panitiana tidak fair,, heheh tapi ya sudah lah itu masa lalu. Lomba selanjutnya adalah lomba balap karung, dan lomba balap kelereng,,tebak hayo,,,aku kalah lagiii...hahahahha. Memang kayake tidak bakat ini memang. Satu satunya lomba agustusan yang ku menangkan adalah lomba tarik tambang, kebetulan temenku yang besar-besar banyak, jadi meski tenagaku tidak besar, temen-temen yang lain mampu memback up. Waktu itu, kami juara dua, yah senang sekali, meski cuman mendapatkan karet pengapus sejumlah anggota, kami cukup senang. 
Selain perlombaan, ciri khas dari 17 agustus adala upacara bendera, mulai dari SD SMP dan SMA semua siswa mengikuti upacara bendera di lapangan umum, dimana upacara ini diikuti oleh seluruh SD dan SMP seluruh kecamatan.,,weeee sungguh rameee lah pokoknya. ada yang kegaian pagi ada yang kebagian sore alias upacara penurunan bendera,

17 agustus indetik dengan perayaan atau karnaval, dimana orang berhias sedemikian rupa untuk dipertontokan. Dikarnaval ini, ada drumn band juga, meskipuna aku selalu ikut latihan, namun pada akhirnya aku tidak pernah mendapatkan tempat, karena badanku terlalu kecil, selain itu aku tidak jago dalam bermain. Saat SD aku pernah ikut team seruling, hahahah bodohnya aku tidak punya seruling, karena terlalu mahal. Dan aku selalu memimjam temanku dari SD lain yang bernama faris. Namun pada akhrinya aku hany menjadi penonton saja, karena tidak terpilih sebagai anggota. Padahal team drum bandsangat keren, bajunya bagus,,ku fikir aku kok gak bakat sekali ya,,untuk sekedar jadi pengibar panji saja tidak bisa...hik-hik.

Di tahun ke 4, atau kelas 4 aku pindah ke SDnya faris, disini aku ikut latihan drum band, dan dipercaya pegang drum. setelah latihan dan cukup jago, akhirnya aku kembali tidak terpilih, ya alasanya sudah jelas, aku pendek, dan tidak cukup kuat jalan sambil  membawa drum. Setelah itu aku tidak pernah lagi ikut, dan SDku berkakhir tanpa sekalipun menjadi pemain drum band.

Pindah ke SMP, lomba nya lebih bervariasi, ada lomba menggambar lomba pidato, lomba baca puisi, dan lain-lain. Hahaha cukup memuaskan karena, aku beberapa kali berhasil menjadi juara pertama, lomba baca puisi dan lomba pidato, ya meski cuman tingkat sekolah,,cuman itu cukup membanggakan, pikirku. Namun,, setelah dewasa kini, aku merasa itu hal yang sebenarnya belum bisa dibanggakan, karena aku tidak menjadi diri sendiri dan terlalu memaksakan, beruntung saja temen-temen yang jago tidak ikut lomba. Hal ini terbukti ketika, ada kejuaraan puisi tingkat kabupaten anak lain lah yang dijadikan sebagai duta,,hufff sungguh menyebalkan seh, tapi ya sudahlah, aku harus lebih sabar menerimanya. ahahahah...Tentang drum band, SMPku tidak memilik perlatan yang lengkap, atau lebih jelasnya tidak punya pelatih drum band, jadi ya saat 17 agustus tidak ada perwakilah drum band lah.. aku hany bisa melihat saja temen-temen dari SMP lain berlenggak lenggok memainkan drumband, Sedih lagi nieee...

SMP ku bertema ragam budaya pakaian adat, yaaa itu memang yang paling gampang dilakukan. tinggal berhias dan pinjam baju...weiii tapi lumayan juga seee,, waktu itu aku begaian pakaian adat Bali,,separo telanjang...hahahah...punggungku banyak panunnya lagi...malu banget rasanya...haahahhaa..tapi yang paling menakutkan bagiku waktu itu adalah, kalo pasanganku kurang sip,,,waaapusingggg...ntar diphoto gak sip donk,,hahah alhamdulillah ternyata pasanganku ok juga nie...hahaha,,lumayan lah buat photo kenang-kenangan.

Kemudian, SMP waktu itu ada acara Gerak Jalan tingkat kecamatan, dengan berlatih dibawah bimbingan dari kopasus, wah hebat juga yakk...keras latihanya,,printahnya macem macem, balik kaanan kiri, serong, jalan langkah tegap maju,,pusing deh...ahahahha...sayang karena badanku kecil, aku harus menerimanya, tidak terpilih sebagai pesrta Gerak Jalan mewakili SMP,,,selalu ...huff tapi tak apalah, dengan begitu, aku bisa sama-sama adek-adek dan kakaku menonton gerak jalan di desaku sendiri, aseeekkkk. ternyata gak seburuk yang diduga,,,malah para Pegerak jalan itu pada kecapeean pas selesai acara.

ok lanjaut ke SMA, ahahahah ternyata tidak jauh berbeda, atau boleh dibilang sama persis,,akhirnya krena keimutanku aku terpilih kembali menjadi slah satu pemakai pakaian adat, tapi kali ini pakaian adat sumatra utara, ya better lah dari yang dulu, gak buka-bukaan.. Dan yang paling penting adalah, pasanganku cucok juga broo...lumayan lah,,hahahha..buat foto ok (clasiccc). Kami juga sempat jadian sehari bung, hahah meski belum mengerti sama sekali soal jadian, gue iya-iya saja, ehhh ternyata itu artinya pacaran brooo,,ya meski cuman sehari tapi ya boleh di bilang itulah cewek/pacar pertamaku yang berusia satu hari, namanya Anggi (paling dia a udah lupa) , pacarnya banyak soale,..kekeke

3 tahun berlalu begitu-begitu saja,, dan kesimpulanya adalah aku tidak pernah menjadi petugas drumband yang kuimpikan sejak SD. (wkakakakakk)

Saat kuliah tidak ada apa-apa, hanya senam-senam ibu-ibu digang Keputih 1A saja yang rame,,sebagai pendatang ya tidak banyak cakap,,cuman ngikut-ngikut aja,,sambil lihat kembang api di lantai dua kos-kosan bersama teman-teman jomblo yang lain, setalah itu makan bareng dan ngegame bareng-bareng,,,hahahha begitulah anak kos mengisi hari kemerdekaan..tapi kami juga punya tekat belajar looo,,jangan salah....jangan dilihat senang-senangnya doan donkkk...diliat juga tu belajarnya,,,kekekekek...

kini kami semua telah bekerja, dan aku sudah menikah pula, punya anak 1 yang sangat luccuuuu..nashita namanya. Tahun nashita ada diperut , dan  masih dalam nuansa ramadhan, jadi tidak banyak perayaan yang dapat dilakukan. dan tahun ini, kami hanya bisa memasang bendera saja, sambil menonton upacara bendera di televisi. Dan kami mencoba mengisinya dengan bakar-bakar ikan bareng temen-temen, weee meskipun sederhana, ini sungguh momen bersejarah...terima kasih teman-teman,,17 agustus kali ini ternyata kalian menemaniku...
Photo
Gambar 1, Acara Bakar-bakar mengisi 17 Agustus

 sungguh moment waktu dulu sangat ku rindukan. Semoga kita dapat mengisi kemerdekaan ini lebih baik, melanjutkan cita-cita para perndiri bangsa, belajar lebih giat, membangun bangsa dengan akhlak dn teknologi tentunya. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melanjutkan perjuangan mereka.
Gambar 2, Rumaku tanggal 17 Agustus 2013

Bismillahirrokhmaanirrokhimmm,,,MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
DIRGAHAYU RI KE-68

FIN

Popular Posts