Pages - Menu

Monday, August 26, 2013

NIck Vujicic, Bintang Tamu RCTI yang Inspirative


Selamat pagi kawan-kawan, hari ini ada cerita inspirasi yang sangat luar biasa. Hari minggu kermarin saya tidak sengaja menonton acara di RCTI, dan tamu yang diundang adalah NICK VUJICIC, seorang motivator yang sangat hebat. Hebatnya adalah dia seorang yang tidak memiliki tangan dan kaki, namun dia tidak berhenti berusaha, sehingga dapat terlihat lebih hebat dari orang-orang yang tubuhnya lengkap sekalipun.


Dalam Acara itu ada beberapa petanyaan yang saya ingat, dan dijawab sangat bagus olehnya:
1. Pak nick apa yang membuat anda bangkit dari keterpurukan ini?
   "Menjadi orang cacat serperti saya ini sangat sulit, saya selalu bertanya-tanya, mengapa hal ini terjadi
    pada diri saya?, dan mengapa harus seperti ini, Lalu bagaimana saya selanjutnya, apa yang harus saya
    lakukan?
    Saya berdoa kepada tuhan, sebelum tidur, supaya tuhan menumbuhkan kaki dan tanganku,,namun
    hal itu tidak pernah terjadi.
    Saya juga sempat ingin bunuh diri, sewaktu berusia 10 tahun,,namun seletah aku bertemu dengan
    temanku yang menderita penyakit, 2 tahun sebelum dia meninggal, dia menginspirasi saya untuk
    tidak menyerah, dan apa adanya,,sehingga saya berusaha semampu saya. Dan hal yang paling Saya
    ingat adalah "jika kamu tidak menemukan solusi untuk persoalanmu, maka jadilah solusi untuk orang
    lain",
2. Siapa yang mendorong anda selain orang tua anda?
    Istriku, dia soerang yang sangat luar biasa, dia sangat cantik dan berhati baik, dia selalu membantuku
    dan ketika itu aku jatuh cinta sejak pandangan pertama, dan dia menerimaku dengan kondisiku yang
    seperti ini, sejak saat itu aku sangat yakin dia adalah yang terbaik untukku

    Saat ini aku memiliki seorang anak, dia sangat sehat, ku katakan padanya bahwa menjadi ayah tidak
    mudah, dan tidak perlu malu memiliki ayah yang cacat, kamu juga tidak perlu menutupinya, jadi
    lah dirimu sendiri, tidak perlu hebat seperti cara orang lain, dan kamu juga tidak harus pintar mate-
    matika, fisika, atau biologi, karena ayah tahu kamu meiliki kelebihan, dan kamu cukup menjadi
istri n anak nick
Gambar 1, Nick bersama Istri dan Anaknya
    hebat dengan caramu sendiri. Ayah sangat bangga dengan kalian...

Sejak saat itupun kehidupan Nick Vujicic berubah, dia menjadi sangat hebat dan menjadi motivator tingkat international, dia selalu berbicara dan memotivasi orang lain, untuk tidak mudah meneyerah, selalu bermohon kepada tuhan, melalui kepemimpan tuhan dan usaha yang keras anda akan berhasil, atau paling tidak anda akan puas atas apa yang anda raih meskipun itu sebuah kegagalan.

Yakinlah, Tuhan memiliki rencana yang Indah untuk anda...

Demikian ungkap Nick Vijecik di sela-sela wawancara.

Jadi dapat disimpulakan bebrapa hal bahwa:
1. Didunia ini manusia memang tidak sempurna, sangat wajar terjatuh dan tidak percaya diri, namun
    anda harus yakin Tuhan memiliki rencana yan sangat Indah untuk anda.
2. Kesuksesan tidak hanya meraih yang kita miliki, mampu mensyukuri apa yang ada dan berusaha
   dengan sungguh sungguh akan membuat anda lebih kuat
3. Jujur pada diri sendiri, merupakan kunci untuk membangun diri untuk lebih baik
4. dibalik kesusksesan sorang laki-laki ada sorang wanita yang berada disampingnya, menemani dan
    mengingatkan kalau kita salah
5. Seseorang tidak perlu hebat dengan cara menjadi orang lain, jadilah dirimu sendiri, it will make you
    stronger and better.


Semoga bermanfaat....

Thursday, August 22, 2013

Step-step untuk Menyelesaikan Power Flow Analysis

1. Nyatakan sistem dengan single line diagram
poin dari ini adalah hanya untuk mengidetifikasi semua bus di sistem dan melihat bagaimana semua impedansi terhubung diantara bus-bus tersebut. Beri Label semua bus dan tilis semua data yang diberikan. Normalnya, pada soal single diagram telah diberikan.
Gambar 1, Single line Diagram Sistem 3 Bus 
2. Ubah semu anilai kedalam bentuk per unit (p.u).

seringkali, nilai yang diberikan di soal tidak dalam betuk per unit dengan nilai dasar tertentu, sehingga kita harus mencari semua nilai parameter-paramter tersebut yang mengacu pada nilai dasar yang sama. NIlai dsara yang digunakan untuk perhitunga, baiasanya spesifik, jadi bisa ditentukan dulu, tetapi jika tidak ada kita dapat mengasumsikanya dengan satu nilai paling besar dari sistem,  lalu pindahkah ke yang lain.

Contoh perhitungan,

Jika kita mengacu contoh single line diagram diatas, dengan V1 dan V3 yang telah diberikan dalam bentuk per unit dan Sbase =100MVA, maka

di Bus 2: 
MVA p.u = MVA/MVA base, so we get
              = (400+j250)/100 = 4+j2.5 p.u (we usually use negative for load bus so normally we write
                 -4-j2.5 p.u)

jadi P2=-4 , Q2=-2.5

di Bus 3 : 
MVA p.u = MVA/MVA base, sehingga dapat dituliskan
              = 200/100 = 2 p.u (we usually use positive for Gen bus)
P3=2 p.u

3. Gambar diagram impedansinya

sekarang semua nila telah di ekspresikan pada nilai per unit, kita dapat merepresentikan sistem tenaga dengan induktor induktor.
    3.1. Generator dapat disimbolkan dengan sumber dan induktor XL
           nilai dari Xl akan selalu diberikan, tetapitidak dalam bentuk per unit, kita perlu untuk menghitung
           terlebih dulu nilai tersebut di step 2
    3.2. Line transimisi dapat digambarkan sebagai imepdansi- lota dapat menghitung nilai basenya  di
           step 2
    3.3. Untuk motor digambarkan degnan sumber dan sebuah indukter, Xm
          nilai dari Xm akan selalu diberikan, teteapi tidak dalam bentuk umum Per unit, kita juga harus
          menghitungnya terlebih dulu
    3.4. Transformer dapat direpresntasikan dalam bentuk induktor, kita juga hasu menghitung p.u nya

Contoh: untuk single line diagram kita tidak memiliki data yang cukup untuk mecari nilai per unit (kita tidak tahu tegangan, tegangan rata-rata, dan juga induktansi dan impedansi), namun untuk gambar impedansi dari gambar diatas, kira kira seprti gambar dibawah ini.

Gambar 2, Impedansi Pada Single Line diagram.
4. Dapatkan matrik Y bus
kita sekarang butuh untuk mencara hubungan antara semua line. Kita perlu menghitung dmitansi sendiri dan admintansi mutual. Untuk mutual admitansi dikalikan dengan -1

untuk contoj diatas adalah

y12= y21=1/z12 = 1/0.02+j0.04)
y13= y13=1/z13 = 1/(0.01+j003)
y23= y32=1/z23 = 1/ (0.0125+j0.025)

I1=V12 y12 +V13y13
   =y12 (v1-v2) + y13 (V1-V3)
   =V1 (y12+y13)-y12V2-y13V3

I2=V21  y21 + V23 y23
   = (V2-V1)y21 + (V2-V3)y23
   = V2 (y21+y23) -V1 y21 - V3 y23
I3=V31 y31 + V32 y32
   = (V3-V1)y31 + (V3-V2 )y32)
   =V3 (y31+y32)-V1y31- V2y32

Sehingga kita dapat mengelompokkan impedansi sebagi berikut

Y11=y12+y13=20+j50
Y12=Y21=-y12=-10+j20
Y13=Y31=-y13=-10+j30
Y22= y21+y23 =26+j52
Y23=Y32=-y32=-16+j32
Y33=y32+y31 = 26-j62

Sehingga kita dapat menuliskannya sebagai berikut

| I1 |     | Y11 Y12 Y13  |       | V1 |
| I2 | =  | Y21 Y22 Y23  | X    | V2 |
| I3 |     | Y31 Y32 Y33  |       | V3 |

(arus)    ( Y bus)                   (Votltage bus)

Gambar 3, Y bus Matriks
5. Kalsifikasi Buses sebagai berikut
Gambar 4, Penggolongan bus bar









ada tiga macam bus, yakni slack bus atau swing bus, dimana bus ini adalah bus referensi dimana terdapat generator yang berfungsi sebagai pensuplay beban. Pada bus ini nilai tegangannya adalah 1 p.u dan sudut referensinya adalah 0 derajat. Sedangkan nilai dari P dan Q tidak diketahui. Mengapa demikian?, karena bus ini mengeluarkan sesuai kebutuhan beban, jadi dapat bervariasi setiap saat, nah disinilah kita perlu untuk mencarinya.

Kedua adalah generator bus, disini terdapat pula sebuah generator, namun generator tersebut tidak berfungsi sebagai  pensuplay beban, melainkan sebagai voltage controller. sehingga nilai yang diketahui untuk bus ini adalah nilai dari Daya Aktif (P) dan juga tegangan bus |V|, sedangkan untuk daya reaktif dan sudut generation tidak diketahui dan harus dicari. Dengan kata lain dia akan memastikan tegangan tidak drop dan konstan pada nilai tertentu.

Ketiga adalah Bus beban, dimana biasanya beban-beban berkumpul disini, ada beban statit, lamp load, atau juga motor motor dan trasformer. di bus ini nilai yang diketahui adalah daya aktif (P) dan daya reaktif (Q). sedangkan nilai dari tegangan bus dan sudut daya harus dicari.

6. Mulai dengan menjawan variabel-variable yang masih belum komplit, dengan mengansumsikan ( dengan memisalkan atau semacamnya":
  6.1 Slack, asumsikan tidak ada
  6.2 Generator, asumsikan Sudut δ=0 derajat
  6.3 Beban, Asumsikan tegangan  V=1, sudut δ=0 derajat

Untuk Contoh diatas adalah

sekarang asumsikan bahwa:
V2= 1 p.u
δ= 0
7. Temukan perkiraan untuk P dan Q dengan menggunakan asumsi dan nilai yang telah diberikan. Cari perbedaan pada ini dengan nilai aktual yang diberikan.
untuk contoh diatas, kita akan coba hitung

Sekarang kita membutuhkan persamaan untuk P2 dan Q2 dan P3:

Pi-j Qi=Vi* Ii
Ii= Sigma (k=1 to n) Yik Vk, example I1=Y11. V1+Y12 V2 + Y13 V3+ ...Y1n Vn
sehingga nilai dari daya kompleks adalah:

Pi-jQi=Vi* Sigma (k=1 to n) Yik.Vk

jika Vi= |Vi| e^Jδi =|Vi|< δi =|Vi| (Cos δi + j Sin δi) ( jangan bingng ketiga bentuk ini adalah sama, jasi ada bentuk polar ada yang bentuk komplek, ya itu saja. 

maka kita dapat menulistkan kembali nilai dari
Pi-jQi =|Vi| (Cos δi + j Sin δi) . Sigma (k=1 to n) Yik Vk

sementara Yik=|Yik| e^jθi = |Yik| Cos θi + J sin θi , maka dapat kita tuliskan nilai dari:

Pi=|Vi| Sigma(k=1 to n) Yik.Vk .Cos (θik - (δi+δk))
Qi=|Vi|Sigma(k=1 to n) Yik.Vk . Sin (θik - (δi+δk))

(Persamana ini disebut sebagai Statik Load Flow Equestion) yang selalu dipakai setiap analisis load flow.

P2=|V2|.|V1|. |Y21| cos ((θ21 - (δ2+δ1))+ |V2|.|V2|. |Y22| cos ((θ22 - (δ2+δ2))+ |V2|.|V3|. |Y23| cos ((θ23 - (δ2+δ3))
P3=|V3|.|V1|. |Y31| cos ((θ31 - (δ3+δ1))+ |V3|.|V2|. |Y32| cos ((θ32 - (δ3+δ2))+ |V3|.|V3|. |Y33| cos ((θ33 - (δ3+δ3))

dengan memaskukkan nilai parameter, parameter diatas maka akan diperoleh nilai dari P2,P3, dan Q2 sebagai berikut:

P2=-1.14
P3=0.5616
Q2=-2.28

Karena kita tahu P2, Q2 dan P3,  kita dapat mencari nilai dari ∆P2, ∆Q2dan ∆P3:

∆ Value= Given Value- approximated Value


∆P2(0),delta P2 ke -0
P2(sch), P2 hasil perhitungan awal
P2(0), P2 hasil perhitungan melalui pengansumsian

8. Tulis Matrik Jakobian untuk iterasi pertama dari metode newton Rapshon 
    [Δvalues] = [Jacobian Matrix] * [Δ for Unknown Parameters]

pada contoh diatas,

Sekarang kita telah mengatahui nilai dari ∆P2, ∆Q2dan ∆P3, dan sekaran gkita perlu mencari nilai dari Jacobian derevative untuk mengetahui nilau yang tidak diketahui yakni: δ2, δ3, |V2|, sehingga ini berarti matriks Jakobian adalah matrik yang berukuran 3X3, sehingga kita butuh mencari 9 bagian turunannya.

Kita dapat mencarinya dengan cara berikut ini:

   |∆P2|    | dP2/d δ2   dP2/d δ3  dP2/d V2|   |δ2|
   |∆P3| = | dP3/d δ2   dP3/d δ3  dP3/d V2|   |δ3|
   |∆Q2|    | dQ2/d δ2  dQ2/d δ3  dQ2/dV2|   |V2|

dimana komponen matrik jacoby dapat dicari dengan cara:



sehingga diperoleh hasil sebagai berikut:



9. Selesaikan untuk selisih yang tidak diketahui, dengan Cremer's Rule,s ehingga kita peroleh

kita dapat menambahkan nilai sebelumnya dengan nilai yang kita peroleh ini, sebagai berikut

Unknown Value new = Unknown Value old + Solved ΔValue

sehingga kita berpoleh:

10. Sekarang kita butuh untuk mengulangi step 7 hingga 9 secara iterasi hingga kita mendapatkan nilai yang akurat hingga nilai selisih adalah mendekati 0, Normalnya kita hanya melakukan 2 iterasi. kita kemudian menyelesaikan untuk semua parameter-parameter lain yang tidak diketahui nilainya.

Ulangi step 7 hingga 9 untuk nilai dari Δδ2, Δ δ3, Δ|V2|

sehingga kita peroleh nilai iterasi ke tiga yakni:

Kita masih harus mencari nilai Q3, Q1, and P1.
kita dapat mendapatkanya denan langkah seprti berikut


akhrinya kita menyelsaikan seluruh sistem:

Wednesday, August 21, 2013

Bulan Agustus, Penuh Kenangan

Bulan Agustus ini diawali dengan berkahirnya Ramadhan, lalu idul fitri, ditengahnya ada !7 agustus, hari kemerdekaan negara kita tercinta Indonesia. Sudah 7 tahun ini, tidak pernah lagi turut serta dalam kegiatan 17an, terkahir dulu waktu SMA, kelas 1. Lomba pertamaku waktu agustusan adalah lomba makan kerupuk, dan aku kalah karena kerupuk dipasang terlalu tinggi, huff ku pikir panitiana tidak fair,, heheh tapi ya sudah lah itu masa lalu. Lomba selanjutnya adalah lomba balap karung, dan lomba balap kelereng,,tebak hayo,,,aku kalah lagiii...hahahahha. Memang kayake tidak bakat ini memang. Satu satunya lomba agustusan yang ku menangkan adalah lomba tarik tambang, kebetulan temenku yang besar-besar banyak, jadi meski tenagaku tidak besar, temen-temen yang lain mampu memback up. Waktu itu, kami juara dua, yah senang sekali, meski cuman mendapatkan karet pengapus sejumlah anggota, kami cukup senang. 
Selain perlombaan, ciri khas dari 17 agustus adala upacara bendera, mulai dari SD SMP dan SMA semua siswa mengikuti upacara bendera di lapangan umum, dimana upacara ini diikuti oleh seluruh SD dan SMP seluruh kecamatan.,,weeee sungguh rameee lah pokoknya. ada yang kegaian pagi ada yang kebagian sore alias upacara penurunan bendera,

17 agustus indetik dengan perayaan atau karnaval, dimana orang berhias sedemikian rupa untuk dipertontokan. Dikarnaval ini, ada drumn band juga, meskipuna aku selalu ikut latihan, namun pada akhirnya aku tidak pernah mendapatkan tempat, karena badanku terlalu kecil, selain itu aku tidak jago dalam bermain. Saat SD aku pernah ikut team seruling, hahahah bodohnya aku tidak punya seruling, karena terlalu mahal. Dan aku selalu memimjam temanku dari SD lain yang bernama faris. Namun pada akhrinya aku hany menjadi penonton saja, karena tidak terpilih sebagai anggota. Padahal team drum bandsangat keren, bajunya bagus,,ku fikir aku kok gak bakat sekali ya,,untuk sekedar jadi pengibar panji saja tidak bisa...hik-hik.

Di tahun ke 4, atau kelas 4 aku pindah ke SDnya faris, disini aku ikut latihan drum band, dan dipercaya pegang drum. setelah latihan dan cukup jago, akhirnya aku kembali tidak terpilih, ya alasanya sudah jelas, aku pendek, dan tidak cukup kuat jalan sambil  membawa drum. Setelah itu aku tidak pernah lagi ikut, dan SDku berkakhir tanpa sekalipun menjadi pemain drum band.

Pindah ke SMP, lomba nya lebih bervariasi, ada lomba menggambar lomba pidato, lomba baca puisi, dan lain-lain. Hahaha cukup memuaskan karena, aku beberapa kali berhasil menjadi juara pertama, lomba baca puisi dan lomba pidato, ya meski cuman tingkat sekolah,,cuman itu cukup membanggakan, pikirku. Namun,, setelah dewasa kini, aku merasa itu hal yang sebenarnya belum bisa dibanggakan, karena aku tidak menjadi diri sendiri dan terlalu memaksakan, beruntung saja temen-temen yang jago tidak ikut lomba. Hal ini terbukti ketika, ada kejuaraan puisi tingkat kabupaten anak lain lah yang dijadikan sebagai duta,,hufff sungguh menyebalkan seh, tapi ya sudahlah, aku harus lebih sabar menerimanya. ahahahah...Tentang drum band, SMPku tidak memilik perlatan yang lengkap, atau lebih jelasnya tidak punya pelatih drum band, jadi ya saat 17 agustus tidak ada perwakilah drum band lah.. aku hany bisa melihat saja temen-temen dari SMP lain berlenggak lenggok memainkan drumband, Sedih lagi nieee...

SMP ku bertema ragam budaya pakaian adat, yaaa itu memang yang paling gampang dilakukan. tinggal berhias dan pinjam baju...weiii tapi lumayan juga seee,, waktu itu aku begaian pakaian adat Bali,,separo telanjang...hahahah...punggungku banyak panunnya lagi...malu banget rasanya...haahahhaa..tapi yang paling menakutkan bagiku waktu itu adalah, kalo pasanganku kurang sip,,,waaapusingggg...ntar diphoto gak sip donk,,hahah alhamdulillah ternyata pasanganku ok juga nie...hahaha,,lumayan lah buat photo kenang-kenangan.

Kemudian, SMP waktu itu ada acara Gerak Jalan tingkat kecamatan, dengan berlatih dibawah bimbingan dari kopasus, wah hebat juga yakk...keras latihanya,,printahnya macem macem, balik kaanan kiri, serong, jalan langkah tegap maju,,pusing deh...ahahahha...sayang karena badanku kecil, aku harus menerimanya, tidak terpilih sebagai pesrta Gerak Jalan mewakili SMP,,,selalu ...huff tapi tak apalah, dengan begitu, aku bisa sama-sama adek-adek dan kakaku menonton gerak jalan di desaku sendiri, aseeekkkk. ternyata gak seburuk yang diduga,,,malah para Pegerak jalan itu pada kecapeean pas selesai acara.

ok lanjaut ke SMA, ahahahah ternyata tidak jauh berbeda, atau boleh dibilang sama persis,,akhirnya krena keimutanku aku terpilih kembali menjadi slah satu pemakai pakaian adat, tapi kali ini pakaian adat sumatra utara, ya better lah dari yang dulu, gak buka-bukaan.. Dan yang paling penting adalah, pasanganku cucok juga broo...lumayan lah,,hahahha..buat foto ok (clasiccc). Kami juga sempat jadian sehari bung, hahah meski belum mengerti sama sekali soal jadian, gue iya-iya saja, ehhh ternyata itu artinya pacaran brooo,,ya meski cuman sehari tapi ya boleh di bilang itulah cewek/pacar pertamaku yang berusia satu hari, namanya Anggi (paling dia a udah lupa) , pacarnya banyak soale,..kekeke

3 tahun berlalu begitu-begitu saja,, dan kesimpulanya adalah aku tidak pernah menjadi petugas drumband yang kuimpikan sejak SD. (wkakakakakk)

Saat kuliah tidak ada apa-apa, hanya senam-senam ibu-ibu digang Keputih 1A saja yang rame,,sebagai pendatang ya tidak banyak cakap,,cuman ngikut-ngikut aja,,sambil lihat kembang api di lantai dua kos-kosan bersama teman-teman jomblo yang lain, setalah itu makan bareng dan ngegame bareng-bareng,,,hahahha begitulah anak kos mengisi hari kemerdekaan..tapi kami juga punya tekat belajar looo,,jangan salah....jangan dilihat senang-senangnya doan donkkk...diliat juga tu belajarnya,,,kekekekek...

kini kami semua telah bekerja, dan aku sudah menikah pula, punya anak 1 yang sangat luccuuuu..nashita namanya. Tahun nashita ada diperut , dan  masih dalam nuansa ramadhan, jadi tidak banyak perayaan yang dapat dilakukan. dan tahun ini, kami hanya bisa memasang bendera saja, sambil menonton upacara bendera di televisi. Dan kami mencoba mengisinya dengan bakar-bakar ikan bareng temen-temen, weee meskipun sederhana, ini sungguh momen bersejarah...terima kasih teman-teman,,17 agustus kali ini ternyata kalian menemaniku...
Photo
Gambar 1, Acara Bakar-bakar mengisi 17 Agustus

 sungguh moment waktu dulu sangat ku rindukan. Semoga kita dapat mengisi kemerdekaan ini lebih baik, melanjutkan cita-cita para perndiri bangsa, belajar lebih giat, membangun bangsa dengan akhlak dn teknologi tentunya. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melanjutkan perjuangan mereka.
Gambar 2, Rumaku tanggal 17 Agustus 2013

Bismillahirrokhmaanirrokhimmm,,,MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
DIRGAHAYU RI KE-68

FIN

Tuesday, August 20, 2013

Mul- Mulan (Cemul)

Ada yang tahu apa itu mul-mulan? hahaha tidak mungkin anak jaman sekarang tidak banyak yang tahu. Mul-mulan adalah permainan tradisional jawa jaman dulu. Permainan ini cukup populer di kalangan tukang ojek, atau warung-warung. Karena sambil menunggu pelanggan, biasanya mereka memainkannya. Permainan ini dipilih karena tidak membutuhkan waktu yang lama, seperti hal catur.

Aku tidak atau apa cerita dibalik mul-mulan ini, namun yang jelas penciptanya adalah sesorang yang amat hebat. Mengapa demikian, karena saat ini sangat sulit ditemukan permainan baru yang memang original Indonesia
Gambar 1, Papan Permainan "Mul-Mulan"

Mul-mulan dimainkan oleh dua orang, yang masing-masing mempunya sebelas pin untuk mengatur strateginya. Perturan permainan ini sangat sederhana kita cukup menyusun pin kita 3 berjajar lurus, ketika berhasil maka kita boleh mengambil satu pin lawan. Demikian halnya lawan, dia harus berusaha menghalangi lawannya unuk membentuk 3 pin secara lurus, dan disaat yang sama dia harus berusaha untuk membuat 3 pin berjajar juga.

Cemoooo-ooolll, begitulah kira-kira yang diucapkan ketika 3 pin berhasil disusun,,,dan ucapan itu sungguh membuat lawan jengkel karena, nadanya agak meledek dan pin kita harus diambil satu...waaa sedih sekali memang.

Ada satu istilah lagi dalam permainan ini , yaitu " Engket/ dipikul", yakni ketika kita menyusun pin kita membentuk 3 pin lurus, namun pin yang berada di tengah telah hilang akibat diambil lawan kita, atau memang kita salah langkah ketika mencoba menghalangi lawan kita, sehingga kita lengah. Nah pada saat pin tengah itu tidak ada, dan lawan kita meletakkan pin dia pada tengah-tengah barisan kita, maka akan terjadi "Engket/pikul ". ini lebih menyakitkan lagi, karena lawan kita akan mengabil dua pin yang berada di samping pin tadi.

yah begitulah,,jadi gampang-gampang susah seh kawan. Namun asyik juga lo, untuk mengisi hari libur pagi-pagi sama temen-temen kita, atau juga saat menunggu buka puasa..penting jangan marah aja ya kalo kalah heheheh. Semoga permainan tradisional ini akan tetap lestari.

Apa itu Sengatan Listrik ? (Kesetrum)


Diterjemahkan dari EEP



Seperti yang kita ketahui, Listik memerlukan circuit yang lengkap untuk dapat mengalir (close loop). Jadi potensial yang tinggi (positive) dan potensial rendah (ground). Itulah mengapa kejutan yang diterima dari listrik statis hanya mengkibatkan sentakan sementara. Aliran electron akan berhenti ketika potensial positive dan negative sama. Kejutan Listrik semacam ini jarang megkibatkan bencana kematian.
Bird not shocked
Gambar 1, Burung tidak tersengat saat beristirahat
 

Tanpa dua kontak poin diatas dibadan  maka Kejuatan listrik tidak akan terjadi pada kita. Itulah mengapa burung dapat selamat ketika beristirahat pada kabel tegangan tinggi tanpa terkena kejutan listrik. hal itu dikarenakan mereka hinggap pada kabel yang sama tanpa menyentuh tanah, atau dengan kata lain hanya membuat kontrak di titik yang sama  (satu poin saja) pada circuit. Perhatikan gambar 1, 

Agar supaya elektron mengalir melalui konduktor, harus ada beda potensial antara dua poin,  Tegangan ini besarnya relative antara dua titik. Tidak ada tegangan di atau pada single poin pada circuit. Dan ketika burung menyentuh single poin pada circuit diatas, tidak ada tegangan yang berbeda antara kaki, sehingga arus tidak dapat mengalir ke tubuh burung tersebut.

Ya, meskipun mereka beristirahat dengan dua kaki dan menyentuh kabel tersebut, yang jelas listrik antara kedua kaki common (sama)/ tidak ada beda potensial. Teori listrik mengatakan jika tidak ada beda potensial antara dua buah konduktor, maka litrik tidak dapat mengalir.

Bird not shocked, person shocked
Gambar 2, orang tersengat listrik karena kakinya menyentuh tanah.
Sering kali, satu sisi dari suatu power system dengan tujuan tertentu dihubungkan ke ground/Tanah, dan ketika sesorang menyentuh single wire sebenarnya dia telah menyentuh dua poin secara tidak langsung

Pada gambar diatas, orang diatas terkena sengatan listrik karena kakinya menempel pada ground yang sama dengan sumber, sehingga listrik mengalir melaui kaki meuju ground. Dalam kehidupan nyata ground power system terdiri dari beberapa macam konduktor yang ditanam didalam tanah untuk mendapatkan kontak maksimum dengan bumi. Konduktor ini dikoneksikan dengan kabel yang tebal.

Ada sedikit pertanyaan yang biasanya muncul pada pikiran siswa:
  1. Jika penempatan grond poin pada circuit sangat mudah untuk disentuh oleh seseorang dan akhirnya terkena kejut listrik. Lantas mengapa circuit perlu ada groundnya? Bukankan dengan tidak ada ground akan lebih aman?
  2. Orang yang terkena kejut litrik mungkin tidak akan terkena jika karet dan fibrik digunakan sebagai isolasi, lalu mengapa sepatu mereka tidak dapat melindungi mereka?
  3. Seberapa bagus konduktor yang berdebu? Jika memang bumi dapat menjadi konduktor lantas mengapa jarring-jaring itu tidak memakai bumi saja?

Jawaban untuk pertanyaan pertama, pemasangan grounding pada circuit adalah untuk memastikan bahwa satu sisi dari circuit itu aman untuk disentuh. Catat bahwa jika korban pada gambar diatas  menyentuh bagian bawah dari resistor (negative), tidak akan terjadi apa-apa meskipun kaki dari seseorang tersebut menyentuh bumi.

Bird not shocked, person not shocked
Gambar 3, Orang yang menyetuh sisi negative tidak tersengat

Karena sisi bawah dari circuit dengan kuat terhubung ke tanah melalui grounding point pada bagian bawah circuit, konduktor bawah dari circuit memiliki potensial listik yang sama dengan bumi,sehingga arus tidak mengalir ke tubuh, dan tidak akan kena kejut listrik.

Untuk alasan yang sama, kabel yang terhubung di circuit ke tanah biasanya tidak diberi insulasi, sehingga logam apapun yang digunakan untuk ground akan memiliki muatan listrik yang sama dengan bumi.

Ground circuit memastikan bahwa salah satu sisi dari circuit aman untuk disentuh, tetapi bagaiman jika kita tidak memberikan grounding pada circuit?

Akankah memegang single poin pada kabel seperti burung akan aman?, idealnya iya, prakteknya tidak. Teliti dulu apa yang terjadi dengan tidak ada ground sama sekali.

Bird not shocked, person not shocked, with no ground at all
Gambar 4, Manusia tidak tersengat meskipun kaki menyentuh graund


Meskipun pada faktanya kaki seseorang masih menyentuh ground, salah satu sisi pada circuit seharunya aman untuk disentuh. Ketika tidak ada complete path (ciruit) yang terbentuk menuju tubuh seseorang dari sisi bawah tegangan ke atas, tidak ada cara untuk arus mengalir melalui orang tersebut.

Walaupun, itu dapat berganti semua dengan ground accidental, seperti cabang pohon yang menyentuh power line, dan menyedikan konesksi sircuit ke ground

Bird not shocked, person shocked with high voltage across source and oad
Gambar 5, Manusia tersengat ketika Pohon menempel di jaringan

Beberapa koneksi yang tidak terduga antara konduktor power system dengan bumi disebut gangguan tanah. Ganguang tanah mungkin diakibatkan oleh banyak hal, termasuk insulasi yang kotor (menciptakan air kotor pada jalur arus dari konduktor ke pole, dank e ground, ketika hujan), ground resapan air yang terbakar pada  line, dan burung yang hinggap pada line, menghubungkan line dengan pole dengan sayap mereka.

Diberikan banyak macam penyebab ganguan tanah, mereka tidak dapat diprediksi. Pada kasus pohon, tidak ada seorangpun yang dapat menjamin yang mana kabel yang tersentuh oleh cabang pohon. Jika pohon menyentuk bagian atas (line) maka bagian bawah sirkuit akan menjadi berbahaya, perhatikan gambar berikut.

Bird not shocked, person shocked with high voltage across source and load
Gambar 6, Manusia yang berada dibagian bawah tersengat listrik
Dengan cabang pohon yang menyentuh kabel atas, kabel atersebut menjadi ground conductor di sirkuit., secara elektrikal dikatakan common dengan ground. Meskipun demikian, tidak ada tegangan antara kabel dengan ground, tetapi tegangan tinggi antara kabel bawah dengan ground.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cabang pohon hanya salah satu sumber potensial terjadinya gangguan pada Power system.

Dengan mempertimbangkan powr sistem tanpa ground dengan tidak ada pohon yang menyetuh, tetapi kali ini dua orang menyentuh single wire (kabel tunggal).

Bird shocked, persons shocked with high voltage across source and load
Gambar 7, Kedua orang tersengat listrik
Dengan masing masing orang berdiri pada ground bumi, menyentuh 2 titik yang berbeda pada sirkuit, maka akan ada aliran arus dari orang 1 ke orang ke dua melalui tanah, sehingga keduanya akan tersengat listrik.
Meskipun  masing-masing orang berfikir mereka aman karena hanya memegang satu titik saja pada sirkuit, namun kombinasi mereka berdua menciptakan scenario yang mematikan. Efeknya, satu orang berfungsi sebagai ground  yang membuat  itu tidak aman untuk orang lain. Inilah mengapa power sistem yang tidak memiliki ground, sangat bebahaya. Tegangan antara banyak titik di sirkuit dengan ground (bumi) tidak dapat diprediksi, kaena ground fault dapat muncul pada  banyak titik di sirkuit kapan saja.

Dengan menghubungkan secara kuat titik yang telah ditentukan dengan circuit ground, paling tidak keamanan dapat dipastikan pada salah satu poin. Ini lebih dipastikan keamananya dari pada tidak memilki ground sama sekali.

Untuk jawaban petanyaan kedua, sepatu dengan sol kareat menyediakan beberapa isolasi litrik untuk membantu melindungi sesorang dari sengatan akibat aliran pada kaki meraka. Namun, sebagian besar sepati didesign tidak untuk tujuan keamanan. Sepatu mereka terlalu lipis dan tidak memiliki subtansi yang benar.

Juga banyak embun, kotoran, atau garam konduksi dari tubuh yang basah di permukaan kulit atau basak menembus sole dari sepatu akan mengurangi nilai insulasi. Ada sepatu yang secara spesifik dibut untuk bekerja di listri yang berbahaya, sama baiknya dengan karet yang tebal dibuat untuk bediri ketika bekerja di sirkuit yang hidup, tetapi potongan khusus dari gigi haris benar-benar bersih,dan kering supaya lebih efektif.  Cukuplah untuk mengatakan bahwa alas kaki normal tidak cukup bagus, atau menggarasi memiliki proteksi yang aman melawan sengatan lisrik pada power sistem.

Penelitian yang dilakukan pada resistasi kontak antara bagian tubuh manusia dengan titik kontak (seperti graound) ditunjukkan dengan range yang lebar seperti berikut.

Kontak tangan dan kaki, isolasi dengan kareat : 20M typical
Kontak kaki dengan sepatu kulit sole kering: 100K s/d 500k
Kontak kaki dengan sepatu kulit dengan ssol basah : 5 k s/d 20k

Seperti yang dapat kamu lihat, tidak hanya karet yang lebih baik insulasi meterialnya dari pada kulit, tetapi keandalah dari air di bahan berpori seperti kulit dengan baik mengurangi resistansis elektrik. Jawaban untuk pertanyaan ketiga, kotor bukan konduktor yang sangat baik (paling tidak saat it kering).

Itu adalah konduktor yang sangat buruk untuk mendukung arus kontinyu untuk mensupplay beban. Meskipun, karena kita akan melihat di bab selanjutnya, it mengabil arus kecil untuk membunuh manusia, sehingga meskipun dia adalah konduktif, kotor cukup untuk menyediakan jalur untuk arus yang mematikan ketika ada tegangan yang cukup. Seperti biasnya di power sistem.

Kesimpulan

Sengatan listrik hnaya terjadi ketika terjadi kontak antara 2 titik yang berbadi pada sirkuit, ketika tegangan di berikan, mengalir ketubuh korban.

Sirkuit biasanya didesain dengan ground. Terpasang dengan batang logam atau pelat dimakamkan di tanah untuk memastikan bahwa satu sisi sirkuit selalu pada potensial tanah (nol tegangan antara titik itu dan bumi tanah).

Ground fault adalah hubungan yang tidak terduga pada koduktor sirkuit dengan tanah

Sepesial, insulasi sepatu dan kasur dibuat untuk melindungi orang dari sengatan listrik lewat tanah, tetapi mesikpun potongan gigi harus bersih, kering  untuk lebih efektif. Alas kaki normal tidak cukup bagus untuk perlindungan dari sengatan listrik

Bagian yang kotor adalah konduktor yang buruk, itu dapat memberikan arus yang cukup untuk melukai atau membunuh manusia.


FIN
dari : Electrical Engineering Portal

Friday, August 16, 2013

Permainan Tradisional "MACANAN"

Sewaktu masih kecil, ada sebuah permainan yang amat melegenda dan sering dimainkan, baik oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, kami menyebutnya MACANAN, orang lebih populer menyebutnya "Macanan selikur" karena jumlah pin yang dipakai menangkap macan berjumlah 21. Aku, kakak dan Ayah sering sekali memainkanya. Permainan ini tidak sekedar permainan, karena mengandung cerita tradisional yang sangat kental. Kalau di dunia internasional kita mengenal Catur, kemudian di jepang kita mengal Igo, maka di Tuban, Jawa Timur, Khususnya di desaku- Sokosari, ada catur jawa yang penuh dengan ajaran dan cerita legenda, yakni Macanan.

Sesuai dengan namanya yang angker, disebut MACANAN karena konon pada zaman dahulu kala ada sebuha macan yang sangat ganas sekali, yang sering kali memakan penduduk desa. Ketika itulah 21 pemuda desa yang tersisa sepakat untuk menangkap macan tersebut hidup-hudup untuk menuntut balas. Selain hal itu, permainan ini juga sarat dengan mitos cerita kegelapan, dimana Macan menggambarkan hewan buas atau simbol kejahatan, sedangkan 21 ini adalah simbol dari jumlah penduduk desa.  Seluruh penduduk desa ini harus bekerja sama untuk mematikan langakah si macan. Bagiamana, menariik bukan?, untuk lebih jelas tentang permainan ini mari kita kupas satu persatu. 

Di awal permaian pin disusun di tengah dengan jumlah 9, hal ini mensimbolkan sebuah formasi upacara persembahan penduduk desa yang ingin membangkitkan sang raja kejahatan, yakni si macan dengan tujuan ingin mengusai dunia. Untuk membakitkan sang Macan, penduduk harus mengorbankan 3 orang penduduk sebagai tumbal, setelah itu macan akan keluar. Namun ternyata justru sang macan berniat menghacurkan seluruh desa tersebut, sehingga penduduk yang tersisa harus bekerja sama untuk menghentikan ulah sang macan.

Macan ini sungguh buas dan juga memiliki kemampuan kusus, yakni dia dapat memakan orang yang berjumlah ganjil 3,5, dan 7, ataupun 1 (tidak ada pelindungnya). Sehingga pemaian harus berahati-hati dalam menghentikan sang macan, jangan sampai di meletakkan penjaggan ditempat yang berpotensi menyusun pin dalam jumlah ganjil pada 1 baris. Hal ini sebagai simbol bahwa, Kejahatan sungguh kuat, dan penduduk desa harus berusaha keras saling menjaga satu sama lain, sehingga sang Macan tidak dapat memakan sahabatnya yang lain. 
Gambar Papan Duel Macanan
Hal unik lain yang terdapat dalam permaina in adalah, papan board yang dipakai dalam permaian.  Papan board permainan macanan terdiri dari 3 bagian, yakni 2 gunung dan 1 daerah pertempuran. 2 gunung ni simbol dari yin dan yang (kalau dalam cerita China), yakni gunung kegelapan dan gunung cahaya. disinilah sebagian besar Macan dapat dimatikan/disegel. Untuk mematikan sang macan ini, penduduk minimal yang harus hidup adalah 16 orang, 10 orang diletakkan di medan pertempuran, 4 orang diletakkan d gunung, dan 2 orang lagi untuk mengulur waktu dan mengurangi langkah sang macan. Sungguh mencekam bukan???,,hahah iya,

Kematian sang macan ditandai dengan kehilangan kemampuannya dalam memakan penduduk, dan juga dia tidak dapat bergerak,, kehidupan desa pun kembali tentram dan damai. begitulah kira-kira...ternyata kita punya lo permainan tradisional yang keren,,dan kalo difilm kan seh kayaknya tidak kalah dengan anime buatan jepang deh.

FIN.


Thursday, August 15, 2013

Apakah Fenomena Resonansi itu?



Penggunaan peralatan yang bersifat capasitif dan Induktif pada sistem distribusi mengkibatkan fenomena rsonansi, menghasilkan nilai impendansi yang sangat tinggi atau sangat rendah. Variasi dari imedansi ini akan memodifikasi nilai arus dan tegangan pada sistem distribusi

Simplified diagram installation linear loadsDisini kita akan mendiskusikan hanya tentang fenomena resonansi parallel, yang merupakan fenomena paling sering terjadi.

Berdasarkan single line diagram dinawah ini, diperlihatkan instlasi yang terdiri dari:
  1. Power transformer yang mensupply energy
  2. Beban Linier
  3. Beban tidak linier yang mengakibatkan arus harminisa
  4. Kapasitor sebagai power factor correction




Harmonisa memiliki efek ekonomi terhadap instalasi yang mereka serang, yakni:
  1.  Energy yang dibayar lebih tinggi
  2.  Pemanasan dini pada peralatan
  3.  Produktivitas menurun

Untuk keperluan analisis harmonisa , eqivalen diagram seperti yang ditunjukkan berikut ini,

Harmonic-analysis - The equivalent diagram
Resonansi terjadi ketika nilai dari denominator  mencapai nilai nol. Hubungan  frequensi semacam ini disebut degnan  frequency resonansi sirkuit.  Pada frequensi ini, nilai dari impedansi mencapai nilai maximum, menghasilakan distorsi tegangan yang cukup menghawatirkan.  Distorsi tagangan dibarengi dengan sirculasi dari arus harmonisa pada  sirkuit Ls+C yang lebih tinggi dari harmonisa  arus yang telah terinjeksi.

Sistem distribusi dan kapasitor power factor correction  adalah subjek yang mempertimbangkan arus harmonisa, menghasilkan resiko overload/pembebanan lebih


Popular Posts