Pages - Menu

Sunday, July 14, 2013

Pengelolaan Profesional Masjid Ar-Raudhah

Hari minggu kemarin saya mengunjungi teman saya yang habis menikah, tepatnya di Pondok Ungu. Pondok ungu ini terletak di Bekasi Utara, aku tidak tahu persis dimana itu, karena ini adalah kali pertama aku kesana, yang jelas tempat ini melalui perumahan elite Harapan indah permai. Aku istriku dan anak kami tercinta, nashita pergi bersama dipagi yang cerah itu.

Skip===>
......(pulang)...

Selesai kami berkunjung, kira pukul 12.30 an, saya berusaha mencari masjid untuk sholat dzuhur sekaligus beristirahat sejenak, disnilah kami menemukan masjid ini..ya masjid Ar-Raudhan namanya, sebuah masjid sedang tidak jauh dari kawasan pondok ungu.

Majid ini tidak besar, hanya saja ada yang spesial disana, apa saja yang menarik...ayo kita lihat...
Imam masjid, Mabot digaji dan tinggal di mesjid, wah kayak karyawan sajalah pokoknya...sampai-sampai ada open recruitment segala lho... coba lihat ini.
Imam masjid dilelang dengan job vacancy, dengan kretireia yang "subhanalloh" keren, Imam masjid harus hafal minimal 5 juz, dan bacaannya harus bagus(sesuai tadjuwid dan mahrojnya) dan bersedia tinggal di mesjid. Sehingga diusahakan selalu ada saat sholat berjamaah hendak dilaksanakana. Tuh kan, seharusnya masjid-masjid yang lain harus nyontoh nie, jangan asal aja yang mengimami,,hufff belum lagi tadjuwid salah, hafalannya dikit, eh karena dia tokoh kampung, langsung jadi imam..gak boleh ya...!


Yang tidak kalah keren adalah kotak amal yang terbagi tiga, yakni untuk zakat, masjid dan anak yatim. sehingga gak perlu misahin lagi, atau mesjid bikan edaran buat tarikan lagi. kalo boleh koreksi mungkin yang untuk zakat, diganti sedekah atau amal
jariah saja teman-teman. Karena kalau zakat seh biasanya dalam kurun waktu tertentu dan memenuhi kriteria/nasab. Mending zakat langsung ke panitia saja, soalnya jumlahnya kan besar biasanya.

Hal lain yang menarik dari mesjid ini adalah, disediakanya dispenser dan aqua minum, jadi bisa minum dingin maupun hangat. weh sep lah, kalo lagi ngantuk bikin kopi gak perlu ke warung..hehehe, dan yang ada yang menarik ni kawan-kawan. coba perhatikan gelas plastik dipinggir aqua galon tersebut!, ya benar disana dipisahkan antara yang bersih dan yang kotor, sehignga dapat dibedakan dengan amat jelas.



Selain beberapa hal diatas nie teman-teman, ternyata masjid Ar-Raudah memiliki 2 ambulance yang didanai dari sedekah jamaah sekalian, wee ini memang super banget masjid, warganya dapat dianter ke rumah sakit sewaktu-waktu gak usah nelpon ke RS dulu. Terus sopirnya siapa?, hahaha sungguh super sekali ternyata masjid ini juga memiliki sopir pribadi untuk mengemudikan ambulance ini. angkat topi deh pokoknya.

Temen-temen bisa lihat tu, ada dua ambulance terparkir di depan halaman masjid, ditengahnya ada tulisan" ini dekelola dengan sakat anda". semoga masjid-masjid yang lain juga ikut berbenah.

Dimading ada beberapa hal yang menarik di mading masjid, ternayta pembagian tugas di masjid ditetapkan dan ditempel, sehingga semua bisa tahu jawalnya petugas,

Tidak hanya itu, pendapatan dari sedekah, anak yatim, dan masjid semua dicantumkan di mading, sehingga dapat dilihat secara transparan semua dana yang masuk dan keluar..Jadi tidak perlu lagi nie, tiap mw mengadakan sholat tarawih atau jumatan selalu diumumkan kepada jamaahnya,,in perolehan tanggal ini dan itu,,wah pusing...harus terpisah lah,,biar ibadahnya khusuk.





Dan terkahir yang unik dari masjid ini adalah, ada free wi fi,,aahahahha,, gak tahu nie temen-temen kira-kira tujuan pemasangan ini apa,,tapi saya kira ini canggih,, semua jamaah dapat mengakses internet lebih mudah dan gratisss...

Semoga masjid ini diberkahi Alloh dan menular ke masjid-masjid yang lain, dan tidak lupa bahwa semoga tidak hanya fasilitas nya saja yang lengkap,,tetapi kegiatan dan kualitas ibadah selalu menjadi yang utama... semoga Alloh memberikan kesempatan kepada kita semua berbuat terbaik untuk agama dan bangsa ini. amin


FIN




Popular Posts