Pages - Menu

Tuesday, July 9, 2013

4 Hal yang Perlu Dilakukan di Bulan Ramadhan



Bismillahirohmanirohim,
Saudaraku bulan ramadhan adalah bulan yng mulia. Banyak sekali pertanyaan para sahabat kepada nabi, menganai apa saja yang harus dilakukan ketika bulan yang agung ini datang. Nabipun berpesan ada empat hal yang dapat kalian lakukan ketika bulan itu datang. 4 hal itu diantaranya


  •  Menyaksikan bahwa Alloh Maha Esa
  •  Memohon ampunan-Nya
  •  Memohon surga-Nya
  •  Memohon supaya terihandar dari neraka


Pertama, Bersaksi atas ke-Esa-an Alloh. Hal ini dapat dilakukan dengan, mengamati alam raya ini, sungguh alam raya ini bekerja dengan baik, tentu ada yang yang menciptakan dan mengaturnya, Dialh Alloh tuhan yang maha esa.
Kedua, setiap manusia tidak luput dari kesalahan, baik sebelum ramadhan maupun setelah ramadhan, sehingga siapapun itu wajar memohon ampun kepada Tuhan yang maha pengampun.
Selanjutnya, adalah memohon surganya dan menghindar dari nerakanya. Dua hal ini tidak boleh tidak dilakukan ketika bulan suci ramadhan datang. Memohon surga-Nya dengan cara beribadah dan mengerjakan amal-amal kebajikan, sesuai  kemampuan dengan kesungguhan. Dan setalah itu dia berusaha menghindar dari hal-hal buruk, atau keburukan yang terbesit  difikiran atau yang hendak dilakukan, tentu semata-mata hanya ingin Rahmat dan Ampunan dari Alloh SWT.

Demikian berbeapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi ramdhan, semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dalam melaksanakannya. Amin

Popular Posts