Pages - Menu

Wednesday, March 20, 2013

Tips Perjalan dengan Kereta Api Malam

 Kereta Api merupakan transportasi yang dikenal luas dimasyarakat, juga transportasi yang paling banyak diminati untuk perjalanan jauh selain pesawat. Bagi anda yang belum pernah bepergian jauh menggunakan kereta, tidak usah khawatir berikut ini adalah tips dan trik untuk bepergian secara aman.
  1. Belilah tiket kereta api terlebih dahulu (bisa lewat internet, indomaret , alfamart (24jam) atau ke stasiun langsung. untuk perjalanan jauh usahakan membeli tiket yang bisnis atau eksekutive, karena disamping lebih aman, fasilitas kereta juga lebih bagus (ada stop contact, selimut saat malam, AC). Untuk eksekutive harga tiket berkisar 400.000, bisnis 200.000.
  2. Pesanlah tiket sesuai dengan tujuan anda, tanyakan kepada petugas tiket bila perlu, jangan lupa saat memesan bawalah selalu identitas anda (KTP), karena tanda pengenal dibutuhkan saat memesan tiket maupun saat ada didalam kereta.
  3. Usahakan tiba di tempat 1 jam sebelum kereta berangkat, untuk verifikasi di pintu masuk (jangan lupa KTP).
  4. Bawalah Jaket, Penutup telinga, kaos tangan dan kaki, Minyak angin/kayu putih, minuman botol (tidak ada penjual, anda hanya bisa beli saat kereta berhenti di stasiun, anda harus ke pintu kereta kalau ingin membeli, sebab kerata bisnis dan eksekutif pedagang tidak boleh masuk), Makanan ringan, headset untuk mendengarkan musik, penutup mata (lampu tidak dimatikan meskipun malam.
  5. Untuk air bawalah 2 botol, 1 untuk minum 1 lagi untuk ke kamar kecil (terkadang air tidak keluar/tidak bersih)
  6. Bawalah sikat gigi dan pasta gigi untuk membersihkan mulut anda.
  7. tiket anda jangan lupa dibawa, plus identitas diri, karena saat dikerta nanti akan diperiksa.
  8. Kalau anda tidak tahu harus turun mana bertanyalah kepada petugas dan minta kepada petugas untuk mengingatkan supaya tidak kebablasan.
  9. Simpan barang bawaan anda yang penting-penting di tas yang anda bawa, letakkan terpisah-pisah, bisa disetiap kantong atau tas yang kuat pada tubuh anda. dan barang-barang yang berat anda dapat menyimpannya ditas kursi (laci penyimpanan).
  10. Jangan menerima makanan minuman dari orang yang tidak dikenal, usahkan bawa sendiri, dan tolak secara halus.
  11. biacaralah pada teman sebangku anda untuk menjajaki orang tersebut baik atau tidak, semisal anda merasa tidak senang anda dapat meminta tukar dengan orang lain, tentu saja lapor petugas dan juga pergilah dengan sopan sehingga orang tadi tidak tersinggung.
  12. Jangan memesan makanan ataupun minuman di kereta karena semua itu harus bayar, dan biasanya harganya cukup mahal. mie instan saja bisa mencapai 15.000. karena itu anda bawa makanan sendiri, tetapi misal udah laper banget ya beli aja ga papa.
  13. Biasanya dipagi hari itu ditawari handuk hangat, nah itu juga tidak geratis lo sobat, itu harus bayar juga jadi misal tidak ingin ya tidak apa-apa.
  14. Saat turun dari kereta jangan hati-hati, banyak jambret dan calo di sekitar terminal, tolak jika menwarkan mengantar dan lain-lain, patikan anda telah tahu jalan tujuan, atau menghubungi teman yang bisa menjemput anda.
  15. Berdoalah sebelum dan sesudah berangkat, semoga perjalanan anda menyenangkan.
Semoga Bermanfaat..

FIN

Popular Posts