Pages - Menu

Monday, March 11, 2013

SABAR



http://alfauzh.files.wordpress.com/2008/08/airmata.jpg 
Sabar sementara pakar mengartikanya sebagai usaha menahan diri dari hawa nafsu demi untuk memperoleh hal yang baik, atau hal yang lebih baik. Secara bahasa sabar berarti batu yang keras, ketinggian, sehingga orang yang sabar, berusaha menahan nafsunya hingga hatinya menjadi kukuh (keras), dan ketika berhasil dia akan memperoleh ketinggian.

Sabar kita butuhkan kapan saja dan dimana saja, dia dibutuhkan oleh siapapun. laki-laki, perempuan,  tua, muda semua perlu bersabar, anak-anak pun perlu di didik untuk bersabar. orang yang kuat perlu juga bersabar, jangan sampai kekuatannya disalah gunakan, lebih-lebih untuk menginvasi pihak yang lemah. Demikian juga orang yang lemah hendaknya bersabar, jangan sampai kelemehannya membuatnya berputus asa atas rahmat Alloh yang amat luas.

Saudaraku, untuk bisa menang anda harus bersabar, dalam persaingan dibutukan kesabaran, seminggu, sebulan, bahan setahun, sepuluh tahun, anda harus lebih sabar dari rival anda. Batu dapat berlubang oleh air, karena air selalu menetes tidak pernah berhenti, hingga batupun berlubang. demikian juga dengan kehidupan ini, untuk menjalaninya dengan baik, anda perlu bersabar.

Di dunia ini, segala hal yang terjadi tidak keluar dari dua hal, yang pertama adalah yang sesuai dengan keinginan kita, atau boleh jadi hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita kita, disinilah kita dituntut untuk bersabar. Memang bersabar bukan hal yang mudah, tetapi itu adalah sifat Alloh yang wajib untuk kita taladani sesuai dengan ukuran kemampuan kita. Terkadang emosi sering kali muncul ketika kita mendapat kesusahan, kita harus bersabar dan menahan kejolak hati, karena disinilah keimanan kita sedang diuji. Nabi mengisyaratkan saat kita telah melewati sebuah permasalahan, kesabaran tidak lagi diperlukan. sehingga memang, kesabaran diukur dari sikap kita saat pertama kali ujian itu datang.
http://sumadiabdulloh.files.wordpress.com/2010/05/seagulls-in-the-sunset.jpg



Didalam alqur'an Alloh menjelaskan dalam surat Al-Ashr. " Demi masa, sesunggunya semua manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal sholeh, tolong menolong dalam kebaikan, dan sabar. demikian Alloh  berpesan.

Pada surat tersebut Alloh mengingatkan kita semua untuk bersabar, supaya kita tidak tergolong orang-orang merugi, dan berada dalam keburukan
Marilah kita memanfaatkan waktu kita dengan sebaik mungkin. tak lupa senantiasa bermohon kepada Alloh, tuhan yang menguasa hati, agar kita senantiasa dilindungi dan diberikan kesabaran disetiap sendi kehidupan.


Walloh wa'lam bissawabb

Boedy.



Popular Posts