Pages - Menu

Monday, September 24, 2012

Cara Mencocokkan Gitar untuk Pemula

Hallo sobat-sobat sekalian, bagi kalian yang lagi belajar bermain gitar…nie saya punya pengalaman buat steam gitar yang mudah…hohoho, ilmu ini saya dapat ketika saya masih belajar gitar untuk pertama kalinya. Ketika itu aku pergi ke perpustakaan daerah yang ada di dekat sekolahku. Mencocokkan gitar itu gampang-gampang susah kawan-kawan, dengan bisa menyetel gitar pada nada yang benar akan membantu teman-teman lebih cepat memainkan alat ini…bayangin aja, misal kalian sudah agak bisa memainkan kunci-kunci gitar, tetapi nadanya sumbang dan tidak sesuai nada aslinya kan tidak lucu..yah kalian akan bingung..nada C-D-E tidak sesuai…hahaha yah tidak ada bedanya donk sama gitar kotak tiga senar…(tung tung dung dung dung…) ahhaha itu lo yang sering dipakai banci…
Ok tidak usah banyak cakap, kita langsung to the poin.
Gambar 1, Grid Gitar
  1. Kalian harus ada gitar...terserah mw minjam atau beli, yang penting ada gitarnya :D
  2. Senarnya harus utuh nie…kalo ada yang tidak ada, akan mempersulit penjelasan…
  3. Senar gitar ada 6, kita dapat memulai men-setting dai paling atas atw dari bawah. Kedua teknik ini pada dasarnya sama, hanya saja tingkat tinggi nada bass dan string tergantung selera kita. Kalau kita menginginkan bass yang lebih tinggi, maka kita setting dari dari atas akan lebih baik, dan sebaliknya kalau kita ingin nada melodi agak rendah atu tinggi, kita dapat mengaturnya dari senar string(bawah). Pada demo kali ini, kita akan men-setting gitar dari senar melodi (bawah)..Perhatikan gambar 1.
  4. Kencangkan senar paling bawah(no.1) sesuai selera kita, usahakan tidak terlalu keras (supaya tidak putus saat dimainkan, dan juga tidak terlalu kendor supaya setelan bass bisa lebih ok).
  5. Coba rasakan dengan memencet senar tersebut (di grid 1, coba rasakan apakah itu terlalu keras untuk tangan anda atau tidak)..sudah coy?ok, next..
  6. Senar satu itu sebagai referensi senar-senar setelahnya. Senar no 2. Kita kencangkan juga, kemudian test senar tersebut, bagaiamana caranya? Pencet senar no.2 pada grid ke 5, suara yang dihasilkan harus sama dengan senar no.1 kondisi free(tidak dipencet). Kalau suara yang dihasilkan memiliki warna yang sama dengan senar no.1, maka senar no.2 tersebut telah cocok. Kita bisa melanjutkan mensteam senar no.3
  7. Mirip cara pertama, hanya saja reference yang digunakan untuk memsteam senar no.3 ini, adalah senar no 2. Kencangkan senar no 3, secukupnya..kemudian test, pencet senar no.3 pada grid ke-4, dan bandingkan suara yang dihasilkan dengan senar no.2 pada kondisi free(lepas/tidak dipencet). Kalo telah sama, maka senar no.3 ini telah cocok.
  8. Sekarang kita telah memiliki 3 senar yang telah disteam, kita dapat mencoba hasil steam-an kita, dengan mencoba memainkan kunci D atau D7, dan bunyikan..jreeng…apakah anda udah dapat feel kunci D atau D7 ini?, ya tentu saja anda harus tahu bagaimana seharusnya bunyinya, kalau anda tidak bisa,,tenang saja..kita dapat mengcomparenya dengan gitar yang telah cocok..kemudian kita mainkan kunci yang sama..kira-kira sudah sama belum nada yang dihasilkan?, hehehe…yee, selamat anda telah bisa mensteam 3 senar gitar…kita lanjutkan lagi,,ke senar ke 4 sampai 6(bass senar).
  9. Pada senar no 4. Yang kita pakai reference adalah senar no.3, yah kita lakukan cara yang sama..kita kencangkan senar no.4 secukupnya, kemudian kita test senar tersebut dengan cara membandingkannya dengan senar no.3, pencet senar no.4 pada grid ke-5, lalu petik dan rasakan, apakah sudah sama dengan bunyi senar no.3 saat kondisi free(dilepas)?, kalo sudah berarti senar no.4 telah cocok…
  10. Lakukan cara yang sama untuk senar no 5 dan 6, dan satu catatan..hanya senar no 3 yang cara steamnya berbeda, pada senar-senar yang lain,,kita memakai grid ke-5 untuk disamakan dengan senar sebelumnya, tetapi khusus senar no.3 kita memakai grid ke-4. Dan setelah semuanya tersteam sesuai procedure, test senar atas dengan memainkan kunci C atau G, dan rasakan..bandingkan dengan gitar lain yang telah cocok. Dengan demikian sekarang, kalian sudah bisa tu mencocokan gitar sendiri…selamat ya..
Sekian sharing-sharing kali ini..semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian yang baru belajar bermain gitar,,,selamat mencoba..
FIN~


Popular Posts