Pages - Menu

Friday, November 16, 2012

Selamat Ulang tahun yang ke 24


Tulisan ini ku persembahkan untuk istriku tercinta, Ardana putri Farahdian sari.

Hari ini 4 november 2012, istriku berulang tahun…hehem tidak seperti kebanyakan orang yang merayakan moment ulang tahun tepat jam 12, aku memimilih waktu istriku lahir kedunia, yakni tanggal 4 jam 5 sore.  Kebetulan hari libur, pagi hari aku berkunjung ke rumah baru, Central Park hahaha. Seusai pulang (jam 2 an) aku dan istri pulang ku kontrakan, dan tidur-tiduran, badan agak capek dan kepanasan, huhuu cikarang emang panas coy.
Ketika tidur aku inget, waaa hari ini dia ulang tahun,,niatnya she aku mw kasih surprise. Tapi… apa ya, ini kan tanggal tua Samsung kikiki, gak ada uang nie..lagian abis bayar uang rumah,,ludes dehh..hmm tapi kemarin abis dapat uang lagi dari kantor, tahu aja nie lagi butuh uang, tiba-tiba ada uang aja..Alhamdulillah.   Gue punya ide beli kue nie di Famansa, kayake disana ada kue yang anak,,kali 50 Ribu udah dapet yang sedang.
“Dek mas mw keluar  rumah bentar yak…,(jangan Tanya..jangan Tanya)…
“Mau kemana emang mas?? , Tanya istriku…(Teong-teong-teong…kok nanya sehh).
Itu mau beli kue buat adek, kan hari ini adek ulang tahun, jawabku.
Adek mandi, mas keluar bentar nie, beli kue ya…

Beberapa saat kemudian…
Tretetet teteteettttt….!!!!
Weee aku berhasi l membawa sepotong kue coklat rasa blue berry….pasti suka nie,,dan juga lilin bertuliskan  huruf 24( istriku udah tua nie, 24 tahun hhihihihi).
tidak ada hadiah yang special, hanya  sepotong kue rasa coklat blue barry seharga 70 ribu dari Famansa.
Yang special adalah, hadirnya Anak kami yang masih dalam kandungan,,si pochaccoo…begitulah kami akrab menyapanya….
Selamat Ulang tahun ya dek,,,
Maaf belum bisa ngasih ape2, bokek nie..
Cuman rasa sayang, dan sekelumit doa dari suamimu tercinta ini…


Semoga diusai ke dua empat ini, adek tambah ok ya, gak gampang galau…, ntar mas donwloadkan coboy junior dehh..wkwkwkwkwkkw
Semoga dosa-dosa adek dan mas ditahun2 yang lalu diampuni oleh Alloh,
Semoga Kita semakin Taat, dan dapat mensupport satu sama lain…
Semoga adek dapat melehirkan dengan selamat, dan bayi kita sehat, pintar dan berbakti kepada Alloh dan kita tentunya…
Semoga rumah kita segera slesai, kita dapat melakukan perbaikan dan tidak diganggu oleh para preman kampung itu…
Semoga kita bisa bekerja dengan baik sekarang dan nanti, dapat sekolah dan bekerja ditempat lain..
Semoga, Orang tua kita segera membaik....
Semoga kedepan langkah kita semakin dipermudah,,,
Semoga adek semakin rajin, membaca Alquran,
Semoga kita ditakdirkan untuk selalu bersama didunia dan di akhirat..
Amin  ya robbal alamin…

Kata orang, jika hari ini sama dengan hari kemarin maka kita sedang merugi, dan jika hari ini lebih buruk dari kemarin maka kita adalah orang-orang yang celaka. Adek yang ku kenal sangat kompetitif dan ceria, maaf ya mungkin caraku bersikap kurang dapat diteladani dengan baik, tetaplah menulis dan membaca, tetaplah bersemangat untuk melakukan hal-hal kecil maupun besar, bersemangatlah memulai hal-hal yang baru, jangan mudah galau to ya,, jangan mudah menyerah,, satu lagi,,lebih sering masak yang enak ya…biar masnya gemuk nie…kekekekekke…aidan…aidan…kekekekekek….

video

Dasar si mocha….
Terimakasih untuk hadirmu sekarang dan nanti, I love you so much..

Your husband.

Muhammad Budi,

Thursday, November 15, 2012

RHOMA IRAMA dan THOMAS ALVA EDISON

Minggu ini kita dihebohkan dengan sikap sang Raja dangdut Rhoma Irama yang berkeinginan mencalonkan dirinya sebagai presiden. Saat ditanya alasanya, Bang haji menjawab santai,”saya ingin membasmi kemungkaran”. Banyak Pro dan Kontra mengiringi pernyataan ini, namun kebanyakan menilainya negatif, “mungkin mencari sensasi, mungkin sudah tidak laku lagi didepan wanita, ada yang minta ngaca dulu, dan ada juga yang mau muntah sambil koprol dan melotot.” Begutulah setidaknya beberapa komentar dari orang-orang di Kompas hari ini (16 november). 

 
Ditengah carut marut negri ini, memang sosok pemimpin yang jujur, adil, merakyat sangat dirindukan, Jujur saja Indonesia, hampir tidak ada pemimpin yang memenuhi secara sempurna kriteria tersebut. Hal ini bisa jadi karena faktor pemilihan yang harus melalui parpol, sehingga hanya yang popular dan digadang parpol sajalah yang bisa mencalonkan, sehingga bija jadi yang berkualitas tidak dapat tampil.

Sebut saja berepa sosok lama seperti  Ibu Megawati  dari partai PDI-P, lalu Abu Rizal dari Partai Golkar, yang kemungkinan besar akan maju di pemilu. Beberapa muka lama juga seperti  Surya Paloh, Wiranto, dan Prabowo, juga akan ikut bersaing dipemilu tahun 2014 nanti, meskipun belum diumumkan secara terbuka. Sungguh tidak dapat ditutupi, begitu besar kekecewaan masyarakat kepada pemerintah, sehingga terkadang banyak yang tidak memilih, atau hanya memilih pilihan terbaik dari yang terburuk menurut mereka, dan banyak juga yang memilih calon baru yang lebih fresh. Contoh yang nyata adalah di pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa bulan yang lalu, Jokowi dan Ahok secara mengejutkan berhasil keluar sebagai pemenang, mengalahkan Foke dan Nara yang digadang banyak sekali parpol. Sosok Jokowi yang ramah, dan terkenal merakyat, seperti segelas air segar bagi masyarakat kita yang sedang haus. Hal inilah yang mungkin menjadi trend terbaru yang mendasari keberanian para tokoh seperti Rhoma irama untuk ikut serta.  Saya pribadi malah berfikiran, jika wajah-wajah lama banyak meghiasi panggung politik 2014 depan, maka bang haji adalah sosok alternative yang menjanjikan bagi masyarakat yang sedang haus.
 
Didalam Undang-udang setiap Warga Negara Indonesia Asli yang berusia lebih dari 35 berhak untuk mencalonkan diri sebagai presiden, apapun itu. Jadi secara normative tidak ada larangan bagi seorang Rhoma ingin mencalonkan diri sebagai presiden. Saya fikir bangsa ini harus mulai belajar bagaimana menghargai, dan menyikapi sebuah perbedaan. Mungkin ada yang beranggapan bahwa Rhoma adalah seorang musisi dangdut, tidak mengerti politik, hal ini mungkin saja benar, tetapi mungkin saja tidak. Dalam dialog yang diadakan oleh TV one, semalam bang Haji menjawab secara bijak bahwa,” Anda perlu tahu bahwa lyric lagu yang dibawakannya adalah politik, dan banyak yang mencerminkan kepribadianya, anda mungkin tahu penyanyi seperti jegger, lyric nya tidak menggabarkan penyanyinya. Kemudian dia juga menambahkan, “Saya tidak mengiinginkan apalagi berharap menjadi presiden, karena pemimpin itu adalah takdir, dan Alloh sendiri yang menganugrahi sekaligus mencabutnya, tutur sang raja dangdut ini. Jadi Saya bismillah saja, jika ada partai besar ingin melamar saya, saya bersedia”, imbuhnya.

Kalo kita berfirkir secara bijak, maka yang dikatakan bang haji tidak ada yang salah. Semua orang Indonesia berhak menjadi presiden, berhak dipilih dan memilih begitu amanat undang undang. Din samsudin (tokoh Muhammadiyah), sempat memberikan sedikit komentar. Beliau mengatakan, itikat baik Rhoma Irama perlu kita hargai, setiap warga Negara berhak menjadi presiden, itu hal yang sangat manusiawi, siswa SD saja jika ditanya apa cita-cita kalian, itu 100 anak lebih akan menjawab, saya ingin jadi presiden, jadi hal itu adalah manusiawi. Yang terpenting adalah presiden yang dibutuhkan Indonesia kedepan adalah sosok yang solider, dapat mengayomi masyarakat kita yang sangat Majemuk ini, seperti Bung Karno, tidak memimpin untuk golongannya sendiri, lebih lebih untuk kepentingan pribadinya sendiri, imbuh beliau.
 

Komentar pak Din ini sungguh luar biasa, dan mencerminkan orang dengan kepribadian yang sangat hangat, dan intelektual yang tinggi. Tidak seperti kebanyakan yang hanya bisa mencela, tanpa bisa memberikan solusi. Ada sebuah cerita berkaitan dengan hal ini, dahulu Thomas Alva Edison (Penemu bola lampu pijar), Dia harus membuat 1000 penelitaian untuk dapat menciptakan lampu. Ketika diwawancarai oleh wartawan, Pak Edison seandanya anda berhenti di penelitian ke 900, dan tidak menemukan lampu bagaimana?, Edison menjawab, saya akan bahagia. Lantas bagaimana karir anda dan ejekan teman-teman peneliti anda? , saya telah berusaha mewujudkan mimpi saya, meskipun saya tidak berhasil saya tetap bahagia, mereka yang tidak berusaha menwujudkan mimpinya dan hanya bisa mencela saja yang seharusnya menyesal.

Cerita Edison tersebut adalah sengatan listrik bagi masyarakat kita yang mentalnya bobrok, dan tidak bermartabat.  Bang haji dan pak Din adalah salah satu contoh anak bangsa yang senantiasa berkarya dan berusaha mewujudkan mimpi, dan selalu pisitif, kita wajib belajar kepada mereka.

Walloh’wa’lam bissawab.

Thursday, October 11, 2012

Posisi Penjaga Gawang yang Tidak Diminati



Hello sobat, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sepak bola. Kebebasan mengolah si kulit bundar ini memang menjadi daya tarik tersendiri, yang menjadikan olahraga ini menjadi yang terpopuler didunia, melebihi basket, tenis, golf, tinju, dan lain-lain. Permainan bola menyuguhkan pertarungan 2 buah tim dalam rentang waktu 2 x45 menit, dan dipimpin 1 orang wasit, dan 2 orang hakim garis. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain, yang terdiri dari penjaga gawang (Keeper), pemain bertahan (defender), Pemain tengah (MDF), dan penyerang (Forwarder). 

Hampir setiap hari, kita melihat pertandingan bola di televisi, ada yang melihat fulltime, ada juga yang lebih suka melihat cuplikanya saja, musalnya SPORT 7, LENSA OLAHRAGA, TOTAL FOOTBALL,dll. Siapa tidak mengenal, Zidan, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Kaka, Ronny, R. Van Perse, Lampard, Casilas,P.Chech, Lioris, Vorm, Da Gea, Van de sar, Xavi, Iniesta, dan lain lain, Semua adalah bintang-bintang lapangan hijau yang sering diberitakan. Kepiawaian mereka dalam mengolah bola, sunggung fantastis, teknik yang sangat tinggi, mulai  dribble bola yang bagus, umpan-umpan yang akurat, tendangan yang tajam dan terarah, tangkapan yang sungguh mengagumkan, itulah mereka. 
Namun jika anda dan semua orang indonesia ditanya, siapakah idola anda? maka jawabanya hampir pasti adalah, Messi, Ronaldo, Lampar, Xavi, RVp, Ronny, Kaka, dan hanya akan ada 1 dari 100 orang  atau 1000 orang yang akan menjawab idolaku adalah Iker Casilas, atau P.Chech. Hemm ini tidak mengherankan karena, posisi kiper memang tidak terlihat keren, dan tidak dapat menunjukkan aksi mengolah sikulit bundar, dan hampir dipastikan tidak dapat mencetak gol sesering seorang pemain tengah atau penyerang.Hal ini mungkin yang menyebabkan tidak banyak orang di indonesia tidak mengidolakan seorang keeper. Kehidupan yang glamor dari pemain sepak bola, yang berbanding lurus dengan kekayaan, wanita, dan prestasi, membuat semua berbondong-bondong berimajenasi menjadi salah satunya, ya memang tidak banyak penjaga gawang yang dapat terkenal dibanding dengan seorang pemain lain.
Jika kita bertanya lebih jauh, kalo kamu jadi pemain bola, ingin diposisi apa?, maka jawabannya akan sama seperti pertanyaan sebelumnya, hanya akan ada 1 orang dari 100 atau 1000 orang yang ingin menjadi seorang penjaga gawang. Hal ini sungguh berbeda jika dibandingkan dengan negara lain, yang memang lebih profesional, mereka bermain bola memang karena suka sepak bola, terus untuk mencari nafkah, jadi ibaratnya pekerjaan, posisi apa saja boleh. Mereka lebih khawatir tidak dapat bebuat untuk tim, dan menghiasi bangku cadangan, dari pada harus memintingkan mencetak gol. Berbeda sekali donk dengan orang-orang disekitar kita, kalau saya boleh ibaratkan, disini(indonesia), yang menjadi kiper itu adalah yang memiliki jiwa mengalah, bijaksana, tidak mementingkan gengsi, dan menjaga keutuhan tim, dan lebih aneh lagi orang indonesia meresa mampu, tanpa berkaca terlebih dulu, lebih senang menilai orang dari pada memperbaiki diri sendiri, lebih mementingkan diri sendiri, dari pada mengutamakan kepentingan bersama. Nilai-nilai moral bangsa yang membuat indonesia besar zaman dahulu, kini perlahan telah luntur.

Saat ini aku bekerja di kantor elektronik, di departemenku ada sekita 200 orang, dalm satu devisi ada 50an orang. Sebagai satu tim, kami juga sering berolahraga, terutama footsal, hampir setiap minggu sekali atau dua minggu sekali kita maen bersama selama 2 hingga 3 jam. Sejak pertama kali aku bekerja, berarti sekitar 3 tahun yang lalu, pertama kali futsall hingga saat ini, selalu terjadi problem yang serupa, pada awal-awal sangat bersemangat, mulai menggalang iuran, hingga saat pemanasan, namun saat mau mulai bertanding, terjadilah problem. apa itu??hahaha benar, tidak ada yang mw jadi keeper, akhirnya orang baru sepertiku, atau orang yang tidak jago bermain bola lah yang menjadi sasaran penunjukkan. Kejadian kembali terulang, 1 minggu yang lalu ada turnamen di Kantor, pertandingan antar departement, kebetulan aku menjadi manager tim, dan sangat sulit sekali menunjuk tim,,semua pada gak mw,,,yah walaupun manager tim, tapi karena tergolong muda, jadinya gak didingerin...kekeke(kok malah curhat ini).
 
Kawan, coba kalian fikir ulang, penjaga gawang adalah salah satu pilar penting dalam sepak bola. Kalian para striker sesekali cobalah menjadi penjaga gawang, untuk mengetahui  dimina sudut terlemah yang tidak dapat dijangkau oleh kiper. Hal ini juga pernah dilakukan oleh stubasta yang saat itu dilatih oleh roberto honggo, meskipun ini serial animasi, tetapi paling tidak kita dapat belajar banyak disana. Smua posisi adalah penting, striker, genlandang, defender, semua adalah satu tim. Mentalitas individualis, dan tidak saling menghargai harus segera di hapuskan, karena ini adalah degradasi akhlak. 

Indonesia, atau kalian yang berada di tim, selama masih memiliki sifat seperti itu, maka dijamin tidak akan maksimal dalam bermain, lebih-lebih memenangi sebuah kompetisi. Tim yang akan menang bukanlah tim yang kuat, tetapi mereka tim terbaik. Jadi boleh jadi tim anda kuat tetapi tidak dapat memenangi pertandingan. Semoga dengan tulisan ini, dapat menjadi pencerah bagi kalian yang memang arogan, tidak pernah mau menjadi penjaga gawang. Hargai keinginan teman anda, sebagaimana anda ingin dihargai, dan seterusnya. Maka kita akan menemukan yang namanya tim terbaik.

FIN,

Monday, October 8, 2012

Kejujuran Menjadi Hal yang Langka



jujur adalah suatu sifat yang berani menyatakan sesuatu sesuai dengan kenyataan yang ada. jika a maka harus dinyatakan a dan jika b harus dinyatakan b, tiulah kejujuran. kejujuran menjadi hal yang amat berat bagi kebanyakan orang, karena terkadang kejujuran sangat pahituntuk diucapkan, terkadang kejujuran membuat sesorang malu karena kelemahanya menjadi terbuka. sementara itu untuk sebagian yang lain kejujuran menjadi sesuatu yang menyenangkankarena dengan kejujuran membuat sesorang tampil apa adanya, membuat sesorang dipercayakarena kejujuranya, membuat sesorang lebih ringan dalam melangkah karen tiada beban yangharus dipikul. tetapi pada kenyataanya kekjujuran lebih berat untuk dilakukan, sehingga kejujuran menjadi hal yang langka. 

banyak orang teramat kesulitan untuk berbuat jujur. dari difinisi yang disebutkan diatas, sebenarnya rumus kejujuran amatlah simple, cukup menyatakansesuai dengan kenyataan yang ada, jika a maka katakanlah a dan jika b katakanlah b. kalimat sederhana ini ternyata tidak sesederhana seperti kelihatanya. seseorang harus bekerja ekstra keras untuk berbuat jujur, sesorang harus membuang rasa takutnya, baru bisa untuk jujur.

mengapa kejujuran menjadi hal yang langka, hal ini sungguh meprihatinkan, karena sebenarnya dengan kejujuran berbagai masalah bangsa dapat dislesaikan. para koruptor, aparat yang bejat semua dapat dibrantas. begitu banyak pejabat yang tidak jujur dan menggadaikan kepentingan rakyat? betapa banyak aparat yang tidak jujur, sehingga kepentingan kebenaran menjadi terabaikan.

begitulah gambaran negeri kita ini, yang amat miskin dengan yang namanya kejujuran, kejujuran menjadi hal yang aneh, lain kata " kalau jujur hancur, dan kalau ingin bertahan ikutlah tidak jujur paradikma yang aneh ini sudah menjadi budaya di sekitar kita. masyarakat yang tidak jujur menghasilkan pemerintah yang tidak jujur. sejak kecil kita disekolah diajarkan untuk berbuat jujur tetapi guru kita sangat sibuk mengurus nilai kita, ketimbang mengurus kejujuran kita, guru lebih senang dengan murid yang mendapat nilai sepuluh dibandingkan denga siswa bodoh tapi jujur.

siswa jujur hanya menjadi bahan tertawaan di sekolah, karena nilainya jelek. ada seorang siswa yang tidak mengerjakan PR, karena seharin sibuk membantu orang tuanya bekerja, sehingga dia tidak sempat mengerjakan PR, disekolah dia dihukum oleh gurunya karena bilang tidak mengerjakan PR. di pihak lain ada siswa yang mengerjakan PR disekolah. siswa jujur ini malu, dan sedih karena tidak mengerjakan PR, nilainya buruk. jika dikaji lebih dalam, seorang guru telah membunuh bibit kejujuran seorang anak, kenapa anak yang berlatih jujur justru dihukum, sedangkan temanya yang tidak jujur justru tidak ditegur? hal ini sungguh kontrdiktif dengan fungsi guru, yang seharusnya mengajarkan kejujuran, tetapi justru dia sendiri yang membunuh bibit kejujuran itu. anak yang jujur butuh dukungan, bukan sebuah hukuman. itulah sebabnya jujur menjadi hal yang langka dinegara kita. 

aspek kejujuran sungguh banyak, dan berdampak global terhadap kemajuan bangsa. untuk memperbaiki moral bangsa yang telah meremehkan kejujuran, seyogyanya kita memperbaiki sistem pendidikan kita dan moral guru, karena dari sekolahlah karakter anak dibentuk. seorang anak mungkin trauma, dengan hukuman yang guru berikan, sehingga dia akan berusaha untuk mengerjakan tugas itu, mesikipun dia harus berbuat tidak jujur, atau dikatakan "yang penting PR selesai". mungkin maksud guru adalah mendidik anak supaya berdisiplin, tetapi mendidik untuk disiplin tidak harus mempermalukan anak di depan kelas, seyogyanya guru bisa bersifat lebih bijak terhadap anak, misalkan anak dipanggil ke ruangan di diminta mengerjakan disana, dan diberikan pengertian bahwa mengerjakan tugas itu penting untuk masa depan mreka. 

hukuman yang tidak tepat berakibat fatal terhadap pribadi seseorang. anak sekolah tadi telah tumbuh dewasa, dia sekarang adalah seorang pejabat kelas atas yang sangat korup. salah siapakah ini? banyak orang yang menghinakan si penjabat korub ini, dan halitu ditonton oleh anak2 kita, sungguh hal yand disayangkan bukan. kita tidak ingin melihat negara kita semakin terpuruk dengan kemiskinan, dengan bencana. semua terjadi karena masyarakat kita yang kompleks ini sudah mengecilkan nilai kejujuran didalam hati mereka. seadaninya mereka bisa berbuat jujur, paling tidak untuk dirinya dan lingkunga sekitarnya, maka indonesia tidak akan seterpuruk sekarang. saudaraku marilah kita sentiasa menjunjung tinggi sebuah kejujuran, katakanlah yang sebenarnya meskipun hal itu terasa sangat sakit, dan menyedihkanalloh subhanallohu ta'ala lebih tahu tentang masa depan mu, jadi jangnlah engkau menghawatirkanya.

KEBENARAN MANUSIA ITU FUZZY



Hallo sobat, hari ini tema kita adalah kebenaran, saya akan mengulas sebuah persepektif dari sebuah kebenaran. Ketika saya masih dibangku sekolah, saya belajar sebuah teorema fuzzy yang dipopulerkab oleh zadeh. Teori ini menyatakan bahwa sebuah kebenaran itu adalah sebuah nilai yang bernilai fuzzy (ketidak jelasan), yakni nilainya 0 hingga 1. Dalam kehidupan tentu kita sering menemui problem besar dan kecil, yang semuanya dapat diklasifikasian dalam sebuah nilai kebenaran. Terkadang kita terlalu cepat memutuskan bahwa a adalah kebenaran yang sebenar-benarnya dan memandang b,c atau d adalah salah. Atau dengan kata lain a bernilai 1 sedangkan b,c, atu d bernilai 0. 

System kerja Fuzzy logic
Hal ini yang sering menjadi titik awal terjadinya perselisihan. Pada zaman dahulu orang menduga bahwa bumi itu berbentuk datar, sehingga jika engkau berjalan terus ke arah barat, maka engkau akan tiba disebuah ujung bumi, dan jika diteruskan engkau akan jatuh, begitu kepercayaan orang pada zaman dahulu dan diyakini hingga ratusan tahun. Kendati ada yang menyatakan bahwa bumi itu bulat, dia dianggap sesat dan dihukum berat. Namun pada akhirnya Marcopollo yang berhasil menggelilingi bumi, tidak menemukan apa yang dimaksud dengan batas bumi itu, dan membuktikan bahwa bumi itu adalah bulat. Ilmuan pada zaman dahulu berkata bahwa bumi adalah pusat tata surya, namun kemudian teori ini disangkal, dan terbukti baru bahwa matahari adalah pusat dari tata surya. 

Demikian beberapa contoh betapa kerasnya dulu orang meyakin apa yang mereka ketahui dari akalnya yang amat dangkal, dan enggan belajar terus, sehingga ditemukan ilmu yang baru. Mereka lebih suka meremehkan pendapat orang lain, dan mereka binasa dalam kesesatan yang abadi. Hal itu juga terjadi hingga saat ini, banyak sekali hal dan orang disekitar kita yang lebih suka menilai orang lain dari pada belajar dari perbedaan dan mencari kebenaran lagi. Orang bijak berkata, kebenaran hari ini belum tentu kebenaran esok hari. Anda mungkin berpendapat bahwa harimau dan ular adalah hewan yang jahat, atau singa dan srigala adalah hewan yang jahat, sedangakan kelinci, capung, kupu-kupu dan lebah adalah hewan yang baik. Anda begitu yakin dangan itu, sampai sampai setiap ada ular yang lewat, langsung dibunuh. Dalam konteks melindungi diri mungkin hal ini dibenarkan, tapi pengklasifikasian kepada golongan yang jahat sungguh tidak fair. Kita dapat melihatnya di berbagai film anak, bagaimana kita menggambarkan mereka  sebagai karakter yang jahat, tanpa memberitahukan bahwa mereka dalah pemakan daging, mereka adalah rantai salah satu aktor dalam ekosistem yang memang dianugrahi sifat buas. Pernahkah anda berfikir, dunia ini tanpa ular, tanpa harimau tanpa binatang buas yang lain?, keseimbangan ekosistem akan terganggu, dan apakan anda tahu persaan mereka?, jika mereka punya rasa, akal, apakah mereka juga mw berbuat seperti itu? Tentu tidak. Manusia lah yang terkadang amat kejam, binatang membunuh disertai alas an, tetapi terkadang manusia itu sanggup membunuh tanpa alas an.  Hal inilah sedikit banyak yang dirasakan oleh para aktifis alam.

Sedemikian dangkal pengertian dan pengetahuan manusia menganai sebuah kebenaran tidak pantas digunakan untuk melakukan justifikasi apakah itu benar atau itu salah, untuk itulah Alloh dan rosulnya senantiasa memberikan bimbingan dan anjuran untuk selalu belajar dan belajar. 
 
Kebenaran yang ditunjukkan zadeh adalah sebuah daerah fuzzy yang bernilai antara 0 hingga satu, jadi kebenaran dapat bernilai 0, 0.1,0.2 hingga 1, jadi Alloh menciptakan manusia yang terbatas akalnya ini, tidak mampu mencapai kebenaran 1, dia hanya mampu hingga 0.9, 0.8 atau bahkan 0.5. Sifat cantik baik, dan pintar adalah relative, bisa jadi anda beranggapan bahwa enstin itu jenius, tetapi ternyata ada yang lebih pintar lagi, yang bisa jadi anda tidak tahu, atau menurut anda istri anda itu cantik, boleh jadi ada yang lebih cantik lagi, dan lain seterusnya. Hal ini sudah cukup membuktikan bahwa pengetahuan anda sangat dangkal dan tidak dapat dijadikan acuan untuk menjustifikasi sesuatu, ini adalah yang paling benar, dan ini adalah yang paling salah. Cantik yang mampu dicapai seseorang berbeda-beda, ada yang 0.5, 0.6 dll, yang pastinya ada tidak akan mencapai 1, karena 1 adalah Akhlak Alloh sang pemilik kesempuraan, dan satu-satunya yang dapat dijadikan sebagai referensi. 

Anda bekerja tentu berhadapan dengan banyak orang, banyak devisi, atau banyak departemen. Boleh jadi disana anda menemukan berbagai ketidak samaan, berbagai ketidak cocokan, yang berujung pada sifat fanatic berlebihan, mereka itu salah, meraka itu yang paling tidak bisa, kita lah yang paling benar, kitalah yang berada pada jalan yang benar. Berfikirlah sejenak, pelajarilah terlebih dahulu, kalau bisa jadilah bagian dari mereka untuk mencari tahu, sejauh apa kebenaran pradugamu. Kalau engkau tidak bisa maka paling tidak jangan mencelanya. Karena sesungguhnya pengetahuan mu hanya sedikit, dari sekian banyak ilmu Alloh yang tersebar dimuka bumi ini. Alloh menganugrahi manusia akal, dan naluri, serta nafsu, supaya manusia memiliki kingiingan dan kemampuan untuk berkembang, tidak hanya bergantung pada satu pengetahuan saja. Jangan cepat-cepat menunjuki seseorang kalau dirimu masih dangkal, cari terus ilmu itu, bersabarlah, berhati-hatilah tentu engkau akan beruntung.
Tidak ada alasan untuk menjadi yang terbenar, karena hanya alloh tuhan yang maha benar, tidak ada keraguan dengannya. Disbanding mencari kesalahan orang, lebih baik  anda selalu memperbaiki diri, tidak usah mengometari, tapi jawablah dengan pekerjaan, dan perilaku anda.
Hal wajar yang dilakukan oleh seorang muslim adalah, jika dia tidak mampu untuk memuji maka paling tidak dia tidak mencela, dan bila dia tidak mampu untuk memberi, maka paling tidak dia tidak mengambil hak orang lain, demikian pesan agama. Semoga kita selalu diberikan hidayah dan petunjuk Alloh, menjadi orang yang lebih banyak memperbaiki diri, dan memiliki banyak teman. Amin

Walloh wa’alam bissawab.

Thursday, September 27, 2012

Iman yang Mantap


Iman. sebuah kata yang sulit untuk dijelaskan, dia hanya bisa dirasakan oleh pemiliknya sendiri. Iman adalah pembenaran hati atas apa yang didengar oleh telinga.  Kadang yang anda lihat tidak sepenuhnya benar, seperti hal nya ketidak percayaan anda kepada tukang sulap, sehingga untuk percaya paling tidak adalah apa yang anda dengar, suara burung tidak akan tertukar dengan suara singa. Seorang bayi yang tidak bisa berfikir dan mengindra dengan benar, berhenti menangis ketika ibunya menyanyikan lagu, dan dia kembali menangis saat mendengar suara ayahnya keras.

 
Iman bersumber dihati, tidak difikiran. Hati ini sungguh istimewa, dia diciptakan untuk dapat mengorganisir dua hal berbeda meskipun pada dasarnya berbeda. Cinta dan benci, bagaimana orang bisa benci kepada seseorang, sekaligus dia cinta kepada seseorang itu. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh fikiran kita, untuk itulah para pakar sepakat bahwa iman bersumber dihati  bukan di fikiran. Karena itu bisa jadi orang memiliki yang lebih sedikit tahu, tetapi memiliki iman yang lebih bagus, dibanding yang tahu banyak hal.

Alloh Tuhan yang Maha Membolak-balikkan Hati. Terkadang kita senang, terkadang kita sedih. Terkadang kita bersyukur dan di lain waktu kita kufur... Serupa degan hal itu, iman didalam hati senantiasa berbolak balik, terkadang berada di titik tertingginya dan kadang berada di titik terendahnya, sama persis seperti sebuah gelombang listrik AC yang sinusoidal. Saat berada di titik tertingginya, seseorang akan meraskan ketenangan batin dalam kehidupan, dan disaat iman berada pada titik terendahnya, syirik, maksiat dan berbagai penyakit hatipun menginfeksi dengan mudah. Karena itu sobat, iman perlu dijaga agar tidak berada dititik terendahnya.


Di dalam ilmu kelistrikan ada sebuah gelombang yang senantiasa mantap, ya lawan dari gelombang AC, yakni gelombang DC. Gelombang DC ini memiliki nilai yang mantap, nilai tegangan rata-ratanya sama dengan nilai rms-nya, dan nilainya tidak berubah kecuali sumbernya mati, atau telah habis. Dia dapat dibentuk dari sebuah gelombang AC atau Gelombang DC murni.  Lihat lah sebuah pembuktian ini, sebuah tegangan 2V memiliki nilai yang konstan.




                
Begitulah gambaran sebuah Iman atau keyakinan yang ideal, dia tenang dan mantap, tidak berubah terhadap waktu, akan sama pada setiap keadaan. Meskipun Iman yang mantap itu diuji dengan tertentu dia tidak terperangaruh sedikitpun.

Iman di dalam hati adalah sumber AC, untuk menjaganya tetap stabil dan ideal, dia butuh ditransformasikan semirip mungkin dengan gelombang DC. Tentu hal ini tidak mudah, untuk menciptakan Gelombang DC dari sebuah gelombang DC, dibutuhkan sebuah alat yang dinamakan rectifier, ada full wafe rectifier dan half wafe rectifier

Rectifier inilah yang kita perlukan untuk mengkonversi iman menjadi iman yang mantap. Apakah rectifier hati itu? dia adalah ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al Quran dan Hadist. Pengetahuan yang mantap terhadap keduanya, akan menjadikan iman kita mantap seperti gelombang DC. Alquran akan memberikan petunjuk terhadap hati kita, sesuai fungsinya yang difirmankan Alloh didalam surat Al Baqoroh ayat 3, "inilah Alquran, petunjuk bagian orang-orang yang bertaqwa."

Di dalam haji wada' nabi juga berpesan, "Wahai umatku aku tingggalkan kepada kalian dua perkara, yang apabila kalian berpegang teguh kepadanya, kalian tidak akan tersesat selamanya, yakni Al Qur'an dan Sunahku." Kata berpegang disini Nabi menggunakan kata, tamasaq yang maknanya, menggigit/menggenggam sekuat mungkin, seperti orang yang sedang hanyut disungai kemudian dia melihat ranting pohon, kemudian dia berpegang sekuat-kuatnya.

Sobat, kebenaran Al Quran menembus batas ruang dan waktu, menjadikan hati selalu mantap. Alquran menjadi penyempurna risalah yang dibawa nabi-nabi sebelumnya, demikian pesan agama. Pelajarilah dan kau akan mendapatinya.

Walloh wa'lam bissawab.

Wednesday, September 26, 2012

Bagaimanakah IMAN itu?



Iman merupakan nikmat Tuhan yang sulit untuk digambarkan, diceritakan lebih-lebih ditularkan kepada orang lain. Kenikmatan iman hanya dapat dirasakan oleh pemilik iman itu sendiri. Iman juga tidak selalu muncul pada diri seseorang yang memilki banyak pengetahuan, karena pengetahuan yang luas itu hanya berfungsi mempercepat memperoleh keimanan itu. Boleh jadi orang yang sedikit tahu, lebih beriman dari pada orang yang banyak mengetahu sesuatu. Satu hal yang jelas para pakar sepakat bahwa Iman itu pembenaran oleh hati, bukan pembenaran oleh Akal, karena di dalam hati, kita dapat mersakan dua hal berbeda benci sekaligus cinta disaat yang bersamaan, tetapi tidak dengan akal, dia (akal) hanya bisa menempatkan satu hal pada waktu tertentu. Hal ini lah yang membuat para pakar menyetujui bahwa iman adalah pembenaran oleh hati, bukan pembenaran oleh akal. 

Pernah dalam sebuah syair lagu diaktakan, bahwa iman tidak dapat diwarisi meskipun dari seorang ayah yang bertaqwa, dia tidak diperjualbeli. Iman adalah sebuah matiara yang meyakini bahwa Alloh itu Esa, Alloh itu Maha Kuasa, dan menghamba kepadanya, kata bait lagu itu lebih jauh. Meskipun engkau hendak melintasi lautan api, dan mendaki gunung yang tinggi, Iman tidak dapat dimiliki,  Jika tidak kembali pada Alloh, demikian sebut syair lagu itu mengenai iman. 

Salah satu hadist dan riwayat yang menjelaskan iman yakni tentang dialog singkat antara nabi Muhammad dengan malaikat Jibril…
Ketika itu nabi sedang berkumpul dengan para sahabat untuk bertausyiah, kemudian Jibril yang bewujud manusia tiba-tiba datang, Kemudia bertanya kepada nabi,"Wahai Rosullulloh, apa itu iman?",
Kemudian Nabi menjawab, "Iman Kepada Alloh, Iman kepada Malaikat Alloh, Iman Kepada Kitab-Kitab Alloh, Iman Kepada Rosul Alloh, Iman kepada Hari Kiamat, Iman Kepada Takdir Alloh",
"Ya benar...",
Aahabatpun tercengah, siapa gerangan orang yang bertanya kepada nabi? mengapa dia bertanya dan membenarkanya, seolah dia sedang menguji Nabi.
Lalu Jibril pun melanjutkannya, "Apa itu Islam wahai Rosul?",
"Islam adalah mengucap dua kalimat syahadat, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa dibulan romadhon, dan pergi haji kebaitulloh."
"Ya betul nabi", sahut jibril.
Para sahabat semakin heran dan bertanya-tanya siapa dia. Kemudian Jibril bertanya kembali, "Wahai Nabi apa itu ikhsan?",
Nabi pun menjawab, "Ikhsan adalah beribadah sungguh-sungguh seolah engkau melihat-Nya, dan bila engkau tidak bisa maka anggap seolah Alloh melihatmu... maka engkau akan meraih ikhsan",
:Iya betul ya Rasul".
Selesai bertanya orang itu pun pergi. Para sahabat yang terheran-heran mengenai siapa orang itu, mengapa dia bertanya kepada Nabi kemudian dia mebenarkanya, seolah sedang menguji nabi?,
 Kemudian salah satu sahabatpun memberanikan diri bertanya, "Ya nabi siapa orang itu gerang? mengapa dia bertanya kepadamu kemudian membenarkanya, seolah sedang mengujimu??",
Nabi pun menjawab, "Dia adalah Jibril, dia hendak mengajarkan kepada kita mengenai Iman, Islam dan Ikhsan."

Demikian riwayat yang pernah diceritakan, kendati hal-hal menyangkut Iman telah dijawab oleh nabi, tetepi Definisi Iman sendiri masih sangat sulit diungkapkan….

Sementara para pakar menggambarkan definisi Iman seperti, seseorang yang terdampar ditengah samudra, kemudan ia mendayung perahu kecil di tengah samudra yang luas itu, dia sangat berharap segera menemukan daratan, dengan sekuat tenaga terus mendayung seperti melihat sebuah pulau kecil menanti didepanya. Namun pada saat yang sama  seseorang itu khawatir, takut, cemas kalau-kalau dia tidak dapat mencapai pulau harapan,  demikian lah Iman…

Seseorang yang beriman senantiasa berusaha mencapai tujuannya, terus memperbaiki dirinya, kendati ada perasaan khawatir yang mendalam kalau-kalau ia tidak sampai, dan tenggelam seperti si pendayung perahu di samudra tadi. Suatu hal yang wajar khawatir, dengan keimanan kita pernah juga diriwayatkan tentang kisah nabi Musa dan kekhawatirnya…


Nabi musa pernah meminta kepada Alloh, "Wahai tuhanku tunjukkanlah padaku caramu menghidupkan burung yang mati ini."  
Kemudian Alloh menjadwab,” Apakah kamu tidak beriman?”,
"Sungguh tidak, hanya supaya aku lebih tenang."
Demikianlah dialog singkat Nabi Musa dengan Alloh.


walloh wa'lam bissawab.




Popular Posts